Berita Bekasi Nomor Satu

Disdik Minta Sekolah Matangkan Persiapan ANBK SMP

SERIUS: Sejumlah siswa SMPN 2 Kota Bekasi mengikuti gladi bersih ANBK. ISTIMEWA
SERIUS: Sejumlah siswa SMPN 2 Kota Bekasi mengikuti gladi bersih ANBK. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pendidikan Kota Bekasi meminta sekolah untuk mematangkan persiapan pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) 2021 tingkat SMP yang dimulai pekan depan.

Kepala Seksi Kurikulum, Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Mawardi mengatakan, terdapat beberapa persiapan ANBK yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan.

Selain simulasi dan gladi bersih yang sudah dilakukan, sekolah mesti mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang serta jaringan internet yang memadai.

Tidak kalah penting, siswa yang menjadi peserta ANBK telah mendapatkan izin dari orang tuanya. “Dalam 1 minggu ini kita minta sekolah sudah memastikan betul siswanya dapat mengikuti ANBK,” ujar Mawardi kepada Radar Bekasi. Selasa (28/9).

ANBK dijadwalkan selama dua hari pada rentang waktu 4-7 Oktober 2021. Berdasarkan situs resmi https://anbk.kemdikbud.go.id/sekolah#sekolah yang dikutip kemarin, satuan pendidikan tingkat SMP dan MTs di Kota Bekasi yang menyelenggarakan ANBK berjumlah 365 sekolah.

ANBK SMP diikuti kelas 8 berjumlah maksimal 45 orang dan cadangan 5 orang. Menurut Mawardi, ANBK tak dilaksanakan secara serentak oleh satuan pendidikan di wilayahnya.

“Disesuaikan dengan kesiapan sekolah, jadi tidak dilaksanakan secara serentak,” katanya.

Selain itu, sekolah mesti melakukan koordinasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk tidak melakukan pemadaman terencana selama pelaksanaan ANBK.

“Melakukan koordinasi kepada PLN juga penting, jadi saat pelaksanaan ANBK semua berjalan dengan baik,” ucapnya.

Sementara, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Bekasi Rudi Winarso mengungkapkan, saat ini selain melakukan persiapan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, pembagian pengawas juga sedang dilakukan.

“Pembagian pengawas dilakukan secara silang dengan sub rayon masing-masing,” ujarnya.

Terkait izin orang tua, satuan pendidikan sudah memberikan pemberitahuan melalui surat edaran kepada orang tua siswa. “Ada surat pemberitahuan yang kami berikan kepada seluruh siswa yang akan mengikuti ANBK nanti, surat ini ditujukan kepada orang tua siswa masing-masing,” jelasnya.

Kepala SMPN 1 Kota Bekasi menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan tiga ruang lab komputer untuk pelaksanaan ANBK yang diselenggarakan mulai pekan depan.

“Kami sudah menyiapkan tiga ruangan yang masing-masing diisi oleh 15 siswa. Dan kami juga memilih untuk melaksanakan ANBK pada gelombang kedua yaitu 6-7 Oktober,” terangnya.

Selain kesiapan sarana dan prasarana yang saat ini dilakukan, pihak sekolah juga menghimbau kepada siswa untuk mempersiapkan diri dan selalu menjaga kesehatan. “Yang utama adalah siswa sehat dan bisa mengikuti pelaksanaan ANBK nanti,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin