Komunikasi Intens dan Sinergi

Afif, Ketua Umum MGMP SMK Kabupaten Bekasi
Afif, Ketua Umum MGMP SMK Kabupaten Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua Umum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK Kabupaten Bekasi, Afif Firman Hermansyah berupaya melakukan penguatan organisasi. Yakni dengan komunikasi secara intens dan sinergi bersama ketua MGMP SMK, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III.

Komunikasi dan sinergi dengan para stakeholder itu sangat penting untuk dilakukan. Selain dapat membuat program kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan mengajar guru dan kemajuan siswa, kendala yang dihadapi dapat ditemukan solusinya.


“Komunikasi yang intens kita bangun dengan para jajaran yang bersangkutan agar apapun program yang sedang digarap dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan diketahui oleh masing-masing kepala sekolahnya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (3/10).

Diakui Afif-begitu ia disapa- anggota MGMP SMK di Kabupaten Bekasi cukup solid. Setiap masalah yang terjadi selalu disampaikan untuk dipecahkan melalui diskusi.


MGMP terus berupaya melakukan pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Dengan begitu, setiap program yang dijalankan lebih terarah serta meningkatkan kemampuan guru.

“Intinya saat ini melalui MGMP kita ingin semua guru berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, kita ingin melalui wadah ini bisa melakukan perubahan yang lebih baik untuk dunia pendidikan,” katanya.

Dirinya berharap, para ketua MGMP SMK dapat terus menjalin komunikasi dan sinergi secara vertikal maupun horizontal. Dengan demikian, organisasi ini dapat menjadi wadah tenaga pendidik untuk melakukan hal-hal baru.

“Ke depan saya harap komunikasi ini bisa lebih baik lagi, sehingga dapat menjadi wadah guru untuk menuangkan inovasi-inovasi baru bagi dunia pendidikan yang lebih kreatif dan berkembang,” pungkasnya.

Atur Waktu untuk Olahraga dan Keluarga
Lelaki kelahiran Kuningan 39 tahun silam ini memiliki hobi baru di masa pandemi. Yakni berolahraga rutin yang dilakukan bersama kerabat di lingkungan tempat tinggalnya.

Baginya, berolahraga sangat penting dilakukan dalam keseharian untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan demikian dapat meminimalisir risiko terinfeksi virus.

“Hobi saya ini memang sedikit berubah-ubah, seperti saat ini saya sedang rutin-rutinnya menjalani aktivitas olahraga. Meskipun sejak kecil juga sering banget olahraga, tetapi mungkin kali ini niatnya agak dobel karena buat menjaga daya tahan tubuh juga di masa pandemi,” tuturnya.

Adapun olahraga yang dijalani rutin oleh Afif antara lain tenis meja, bulu tangkis, dan bersepeda. Setiap Rabu dan Kamis, dirinya bermain badminton. Kemudian Jumat bermain tenis meja, dan akhir pekan bersepeda.  Ia mengaku telah merasakan besarnya manfaat dari olahraga tersebut.

“Bener-bener bermanfaat banget aktivitas berolahraga itu, karena saya ngerasa tubuh saya lebih sehat, dan tidak mudah capek dan sakit. Makanya sesibuk apapun saya, saya tetap meluangkan waktu setidaknya 1 jam untuk berolahraga,” katanya.

Meskipun begitu, waktu bersama dengan keluarga tidak pernah dilupakan. Menurutnya, menghabiskan waktu bersama dengan keluarga adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Oleh karenanya, Afif berusaha mengatur waktunya untuk olahraga dan keluarga.  Dirinya tidak ingin waktunya terbuang sia-sia untuk aktivitas yang tidak cukup bermanfaat.

“Keluarga itu nomer satu, makanya saya harus imbangin kegiatan rutin berolahraga dan waktu bersama dengan keluarga. Karena keduanya penting bagi saya saat ini,” pungkasnya. (dew)

BIODATA
Afif Firman Hermansyah
Lahir: Kuningan, 21 Agustus 1982
Pendidikan:
• SDN Tangkolo Kuningan (1994)
• SMPN 3 Rancah Ciamis (1997)
• SMK YPT Ciamis (2000)
• S1 Teknik Mesin Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung (2005)
• S2 Sistem Informasi STMIK LIKMI Bandung (2010)