Program Magang Sudah Berjalan Normal

ILUSTRASI: Siswa jurusan Teknologi Farmasi SMKN 15 Kota Bekasi saat melaksanakan kegiatan praktik di sekolah. Program magang di perusahaan bagi siswa SMK di Kabupaten Bekasi sudah kembali berjalan normal. ISTIMEWA
ILUSTRASI: Siswa jurusan Teknologi Farmasi SMKN 15 Kota Bekasi saat melaksanakan kegiatan praktik di sekolah. Program magang di perusahaan bagi siswa SMK di Kabupaten Bekasi sudah kembali berjalan normal. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Program magang atau praktik kerja lapangan (PKL) di perusahaan bagi siswa SMK di Kabupaten Bekasi sudah kembali berjalan normal pada tahun ajaran 2021/2022 ini. Hal itu seiring dengan kembali bergeliatnya akvitas pabrik menyusul kelonggaran kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi mengatakan, kegiatan PKL mengalami peningkatan kembali sesuai dengan kebutuhan industri.


“Saat ini kelas XI nya sudah mulai melaksanakan PKL kali ini peningkatan mulai kembali normal. Sebab sebelumnya di masa pandemi tahun lalu permintaan PKL sangat menurun,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa, (12/10).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Cikarang Selatan ini, permintaan PKL sebelumnya sempat sepi karena banyak perusahaan mengikuti imbauan pemerintah untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah.


“Tahun lalu sangat kecil sekali permintaannya, karena benar-benar sedang meningkat sekali pandemi. Paling cuma 20 persenan sampai kelas XII, kemarin saja masih ada yang PKL,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, permintaan industri dalam kegiatan PKL meningkat hingga 30 persen. Sehingga hampir 50 persen siswa kelas XI saat ini sudah melaksanakan PKL.

“Meningkatnya lumayan, meskipun belum bisa dikatakan normal-normal banget, tapi hampir 50 persen siswa di masing-masing sekolah bahkan ada yang lebih sudah melaksanakan PKL untuk siswa kelas XI nya,” jelasnya.

Sejak Juli lalu permintaan industri dalam kegiatan PKL sudah diterima oleh masing-masing satuan pendidikan. Untuk waktu pelaksanaan PKL terhitung selama tiga bulan bagi siswa kelas XI.

“Juli kemarin kan sebenarnya kita ingin tuntaskan dulu siswa kelas XII, tapi karena permintaan dunia industri untuk siswa kelas XI nya juga ada maka kita berikan. Dan untuk waktunya masing-masing siswa 3 bulan PKL,” terangnya.

Sementara, Wakil Kepala SMKN 15 Kota Bekasi Bidang Humas Dhani Irawan menyampaikan, kegiatan PKL bagi siswa kelas XI sudah mulai dilaksanakan sejak 5 Oktober 2021.

“Kami baru banget melepas kegiatan PKL bagi siswa kelas XI,” ucapnya.

Menurutnya permintaan industri seiring dengan diembannya amanah sekolah saat ini, yaitu sebagai sekolah pusat keunggulan. Siswa cukup mudah untuk mencari industri dalam rangka kegiatan PKL tahun ajaran 2021/2022.

“Alhamdulillah karena kami salah satu sekolah SMK PK, permintaan dunia industri cukuplah baik,” tuturnya.

Sekitar 285 siswa kelas XI SMKN 15 Kota Bekasi saat ini sedang menjalani PKL yang akan berlangsung selama tiga bulan mendatang. Dikatakan, pada dasarnya saat ini semua peserta didik bisa melaksanakan PKL tepat waktu. Sebab di tahun ini sekolah memiliki jumlah dunia kerja yang lebih banyak. (dew)