Berita UtamaPendidikan

Syarat Ketat, Peserta Gugur

Seleksi Program Pendidikan Guru Penggerak

ILUSTRASI : Salah seorang  guru SDN Jatiasih X Kota Bekasi, saat melaksanakan proses pembelajaran tatap muka. (Dewi Wardah/dok)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Khabar baik bagi guru  yang terus ingin mengembangkan diri.Pasalnya, Kemdikbud Ristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) kembali membuka Pendaftaran Seleksi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5.  Pendaftaran (Registrasi) Seleksi PGP angkatan 5 Tahun 2021 dibuka mulai 4 – 29 Oktober 2021. Sedangkan untuk calon Pengajar Praktik Guru Penggerak dibuka mulai 4 – 22 Oktober 2021.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bekasi Ekowati mengaku, banyak guru yang antusias mengikuti program tersebut. Namun, karena ketatnya persyaratan yang ditetapkan menyebabkan banyak guru yang gugur saat mengikuti seleksi.

“Di SMAN 1 banyak guru yang senior, jadi ada beberapa guru yang tidak bisa ikut jadi CGP karena sisa masa kerjanya kurang dari 10 tahun,” ucapnya.

Namun hal ini tidak memutuskan semangat bagi guru lainnya, sebab apa yang nanti didapatkan dari guru yang mengikuti program CGP. Dapat ditularkan pada guru senior lainnya yang belum mendapatkan kesempatan tersebut.   “Mereka tidak patah semangat, karena sistemnya kerja bareng. Jika satu punya ilmu maka ilmu tersebut harus ditularkan pada teman lainnya” pungkasnya.

Salah seorang guru SDN Jatimakmur V Kota Bekasi Zaenal mengaku, akan mencoba keberuntungannya dengan mengikuti program tersebut.   “Setelah saya melihat beberapa ketentuan dalam program guru penggerak, dalam waktu dekat ini saya akan coba mendaftar” ujarnya kepada Radar Bekasi Minggu, (17/10).

Menurutnya, program ini bisa dijadikan sarana pengembangan diri sebagai seorang guru serta menambah kompetisi dalam dirinya.  “Saya selalu tertarik mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi diri, jadi ini mungkin salah satu kesempatan saya juga” ucapnya.

Sekedar diketahui adalah Program  pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran melalui pelatihan daring, lokakarya, dan pendampingan bagi Calon Guru Penggerak.

Sementara syaratnya yakni , Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun swasta, memiliki akun Guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4, memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun, memiliki massa sisa mengajar tidak kurang dari 10 Tahun, memiliki keinginan kuat menjadi guru penggerak, program Guru Penggerak akan ditujukan untuk guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB,dan  tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak. (mif/dew)

Related Articles

Back to top button