Pendidikan

Persiapkan Siswa Hadapi Ujian

UJIAN: Sejumlah siswa SMPN 29 Kota Bekasi mengerjakan soal saat pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer. Satuan pendidikan mulai mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang dilaksanakan pada awal Desember. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Satuan pendidikan mulai mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang dilaksanakan pada awal Desember. Persiapan yang dilakukan antara lain mematangkan materi pelajaran kepada peserta didik.

Kepala SMPN 1 Kota Bekasi Muktia Wahyudi Isra mengatakan, siswa mendapatkan nilai bervariasi saat penilaian tengah semester (PTS) yang sudah diselenggarakan.

“Memang cukup bervariasi nilai siswa saat PTS yang diadakan secara langsung di sekolah. Ada yang memang nilainya turun dan ada juga yang memang nilai stabil,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (21/10).

Menurutnya, kesiapan yang lebih matang harus dipersiapkan mulai saat ini. Dengan demikian, siswa yang mendapatkan nilai tidak cukup baik ketika PTS dapat memperbaiki nilainya saat ujian semester ganjil.

“PTS itu kan untuk kontrol nilai siswa ya, seberapa baik mereka menerima materi yang disampaikan. Sehingga kita dapat melihat apa hasilnya sudah baik atau masih banyak yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Dikatakan, dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan secara langsung, siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran di sekolah. Sehingga dalam pelaksanaan ujian semester, siswa dapat meningkatkan capaian nilainya.

“Kita berharap dengan waktu dan kesempatan yang ada saat ini, siswa bisa memaksimalkan proses pembelajaran dengan baik,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Kepala SMAN 1 Cibitung Kabupaten Bekasi Sayuti. Ia mengungkapkan, kesiapan siswa dalam menghadapi ujian semester ganjil dapat lebih dimaksimalkan.

“Kami memang sedang mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian semester ganjil tahun ajaran ini,” ucapnya.

Menurutnya, proses pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yang berlangsung saat ini menjadi salah satu hal yang cukup membantu dalam mematangkan materi siswa sebelum pelaksanaan ujian semester.

“Salah satu yang cukup membantu adalah pelaksanaan PTMT yang sudah berlangsung saat ini, karena siswa akan lebih mudah dalam menangkap materi jika prosesnya dilaksanakan langsung,” katanya.

Pihak sekolah berharap, saat penilaian ujian semester ganjil siswa bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. “Kita berharap nilai siswa membaik dan lebih maksimal lagi dalam proses pembelajaran,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button