Pendidikan

PKM Dosen Ubhara Jaya Beri Pelatihan Desain Grafis

ANTUSIAS: Sejumlah peserta pelatihan desain grafis antusias menyimak penjelasan dari Rasim sebagai salah satu narasumber. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilakukan oleh dosen Program Studi Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya). PKM dilakukan dengan memberikan pelatihan desain grafis kepada remaja penghuni Yayasan Peduli Yatim Piatu dan Dhuafa Al-Ikhlas.

Salah satu tugas dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah PKM. Program tersebut dilaksanakan setiap semester oleh tim dosen baik melalui dana hibah internal maupun dilaksanakan secara mandiri.

PKM dilaksanakan sebagai bentuk pembelajaran kepada masyarakat terutama generasi muda untuk dapat hidup secara mandiri di tengah tengah masyarakat untuk dapat menyelesaikan permasalahan mereka

Melalui PKM, Muhamad Khaerudin dan timnya melakukan program pelatihan desain grafis. Sebelum PKM dilaksanakan, dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola Yayasan Peduli Yatim Piatu dan Dhuafa Al-Ikhlas  yang terletak di Perumahan Karang Satria Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi.

Sosialisasi dilakukan guna mengetahui potensi yang ada terutama anak yatim piatu dan dhuafa yang ada di yayasan tersebut. Kegiatan PKM dilaksanakan pada 2 dan 3 Oktober 2021 dengan tema “Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Keahlian Anak Yatim Piatu dan Dhuafa pada Yayasan Peduli Yatim Piatu dan Dhuafa Al-Ikhlas”. Peserta pelatihan terdiri dari remaja putra dan putri berusia antara 16 – 19 tahun .

“Pentingnya acara ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dosen selaku insan pendidik untuk mengembangkan potensi masyarakat yang ada melalui jalur pelatihan,” ujar Ketua Tim PKM Muhamad Khaerudin.

“Selain itu peserta yang dilatih adalah remaja yang sebentar lagi akan terjun ke masyarakat sehingga dengan keterampilan yang mereka miliki diharapkan dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri,” imbuhnya.

Dengan bimbingan dan pengarahan dari tim dosen Ubhara Jaya, pelatihan tersebut dapat terselenggara dengan sukses dan mendapat dukungan yang sangat antusias dari pengurus yayasan. (oke/*)

Related Articles

Back to top button