Berita UtamaPendidikan

Kegiatan P2M UNJ Sasar Guru IPA

SAMBUTAN: Kadisdik Kabupaten Bekasi Carwinda saat memberikan sambutan dalam kegiatan P2M secara daring. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dosen Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) sebagai pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan berupa pelatihan ini menyasar guru IPA SMP se-Kabupaten Bekasi.

Rektor UNJ Komarudin mengatakan, sasaran kegiatan P2M adalah Jakarta dan sekitarnya. Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Biologi (S1) dan Magister Pendidikan Biologi (S2), FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Bekasi dan Penerbit Erlangga melaksanakan kegiatan P2M dengan sasaran guru IPA SMP Kabupaten Bekasi.

“Tujuan dari kegiatan P2M 2021 ini adalah melatih guru untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan mendesain pembelajaran, kemampuan mengajar, kemampuan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menyusun artikel publikasi menggunakan aplikasi Mendeley, dan melakukan publikasi,” jelasnya.

Dalam hal ini, tenaga pendidik diharapkan mampu mempublikasikan artikel PTK di jurnal nasional sehingga memudahkan guru untuk naik pangkat atau golongan. Kegiatan ini pelatihan secara daring yang berlangsung 2 -28 Agustus 2021 diikuti oleh 150 orang guru IPA SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi Rusdi mengusulkan agar dapat dibuat Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) baik dengan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi maupun MGMP IPA SMP Kabupaten Bekasi.

“Kita bisa kembangkan kegiatan ini untuk guru melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Carwinda mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kegiatan P2M ini. “Kita berharap kegiatan serupa juga dapat dilakukan untuk mata pelajaran lain, sehingga guru-guru di Kabupaten Bekasi dapat menerima informasi baru secara cepat dari sumbernya yaitu dosen-dosen Universitas Negeri Jakarta,” tuturnya.

Lebih lanjut Dekan FMIPA UNJ Muktiningsih sangat mengapresiasi kegiatan P2M ini. Ia berharap dapat dibuat SPK dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi sehingga dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU), baik di tingkat program studi, fakultas maupun universitas.

Kegiatan webinar berlangsung selama 5 hari dengan waktu pembelajaran sebanyak 40 jam, sementara materi yang diberikan ialah model evaluasi pembelajaran.

Beberapa narasumber dosen kompeten dibidangnya dihadirkan, yaitu Ratna Dewi Wulaningsih memberikan materi pendalaman Materi Fotosintesis, Nailul Rahmi Aulia l, materi desain pembelajaran praktikum dari Rumah, Ade Suryanda materi Eco-Enzym, Yulilin materi pembelajaran lingkungan, Diana Vivanti Sigit materi Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan pupuk dari limbah rumah tangga, Annisa Wulan Agus Utami, materi pengembangan sumber belajar berbasis teknologi informasi, Eka Putri Azrai, materi Peningkatan Motivasi dan Aktivitas Peserta Didik, Daniar Setyo Rini, materi pengembangan dan penerapan Soal High Order Thinking Skills atau HOTS, Mieke materi Media Pembelajaran sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ, Nurmasari Sartono, penerapan model pembelajaran project Based Learning, Supriyatin materi Penggunaan Media Pembelajaran “Heuristice Vee” Berbasis Daring, Hanum Isfaeni, materi pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) dan Aplikasi Mendeley , Rusdi, materi Blended Learning-Virtual Classroom (BLVC) dan CIRC-Scientific Approach/CIRSA,  Refirman Dj, materi Literasi Jurnal bagi Guru IPA SMP Rizhal Hendi Ristan.

Kegiatan P2M ini disambut baik oleh Ketua MGMP IPA Kabupaten Bekasi Suyoko. Ia mengatakan, pihaknya menghaturkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas semua jerih payah yang sudah diberikan oleh pimpinan UNJ dan jajarannya serta dosen-dosen selaku narasumber dan juga mahasiswa UNJ. Menurutnya, kegiatan ini sangat besar manfaatnya dan lebih membuka wawasan para guru terutama anggota MGMP IPA Kabupaten Bekasi.

“Semoga jerih payah dari semua pihak menjadikan ladang amal yang hanya Allah SWT yang dapat membalasnya, dengan harapan semoga kegiatan serupa masih berlanjut dengan kegiatan yang lain,” ucapnya.

Kegiatan ini juga mendapat tanggapan yang positif dari perwakilan guru IPA dari Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ulil Albab Cibitung Nur Alifiyanti. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak UNJ yang telah melaksanakan program P2M di Kabupaten Bekasi.

“Kegiatan ini memberikan pencerahan kepada guru-guru, khususnya materi Biologi.  Selain itu banyak materi penunjang pembelajaran yang diberikan, seperti penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran, pembuatan animasi dalam media pembelajaran sehingga semakin,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, dalam kegiatan ini dapat membuka cakrawala, berpikir para guru agar selalu mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

“Diharapkan pembelajaran IPA akan semakin menyenangkan bagi peserta didik. Penjelasan yang diberikan oleh dosen pun sangat gamblang, sehingga mudah diterima oleh para guru,” ucapnya. (dew/pms)

Related Articles

Back to top button