PKB Mulai Seleksi Bacaleg

ILUSTRASI : Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizki Topananda (tengah), menegaskan pihaknya mulai melakukan penjaringan Bacaleg non formal. ISTIMEWA/RADAR BEKASI
ILUSTRASI : Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizki Topananda (tengah), menegaskan pihaknya mulai melakukan penjaringan Bacaleg non formal. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Bekasi, mulai melakukan penjaringan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu legislatif (Pileg) 2024. Meskipun masih non formal, penjaringan tersebut dijadikan sarana untuk menyeleksi Bacaleg potensial.

“Jadi, untuk penjaringan non-formal memang saat ini sudah kita lakukan, dan siapapun itu yang mau mendaftarkan dirinya kita terbuka buat seluruh masyarakat umum,” ujar Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizki Topananda saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.


Dia menjelaskan, dalam penjaringan Bacaleg tersebut, pihaknya akan melebihkan peserta dari setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

“Artinya, berapapun jumlah yang mendaftar itu akan kita masukkan sampai nanti waktu yang ditentukan saat proses formalnya kita laksanakan. Tentu dari jumlah yang ada itu kan akan dinilai mana yang layak dan siap bertarung di Pileg, karena nanti juga pastinya akan kelihatan dan biarkan hukum alam yang berbicara nanti disitu,” jelasnya.


Rizki mengakui, dalam proses penjaringan ini pihaknya tidak akan melakukan intervensi ke masing-masing bacaleg, untuk caleg ketika penjaringan di KPU mulai dibuka. Dirinya berharap, proses dari penjaringan ini berjalan apa adanya dan siapapun caleg yang nanti ditetapkan KPU itu dipastikan yang terbaik dari partainya, karena dari segala persiapan dan kapasitasnya telah ditempa di internal.

Adapun sesuai dengan pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, kata Rizki, dari total dapil itu yang diperebutkan kursinya berbeda-beda, namun untuk jumlah keseluruhan kursi di Parlemen sebanyak 50 kursi. Dari total inilah, caleg dari PKB akan diseleksi dari sekarang untuk bisa dimasukkan dalam pencalonan di KPU Kota Bekasi Nanti.

“Pada dasarnya, untuk caleg di setiap dapil itu kita sudah disiapkan dari sekarang, siapapun nanti yang dicalonkan pastinya orang-orang terbaik dari Partai kami, karena semua yang masuk sebagai caleg secara formal di KPU itu sudah terseleksi secara matang dan panjang untuk jadi calon wakil rakyat yang berkompeten dan berkapasitas,” tandasnya. (mhf)