Pendidikan

Jalankan Program Anti Perundungan dan Pengembangan Kewirausahaan

PROGRAM: Siswa menjalani program anti perundungan di SMKN 7 Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Bekasi menjalankan program anti bullying atau perundungan dan pengembangan kewirausahaan.

“Pengembangan ini merupakan salah satu program SMK PK yang harus dijalankan,” ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bekasi sekaligus Kepala SMKN 1 Cikarang Selatan Nopriandi kepada Radar Bekasi, Rabu (17/11).

Di sekolah yang ia pimpin, program tersebut dilakukan dengan membentuk duta anti bullying yang berjumlah 100 siswa kelas 10 dan 11. Mereka akan bertugas menyosialisasikan gerakan sekolah menyenangkan.

“Duta-duta ini yang akan menjadi contoh dan menyosialisasikan  ke siswa yang lain dalam pelaksanaan anti bullying,” jelasnya.

Sementara pengembangan kewirausahaan, sekolah menggandeng situs elektronik komersial seperti Shopee untuk mempelajari marketing digital. Dalam pengembangan usaha ini juga dibentuk 100 siswa dalam sebuah tim.

“Dibentuk tim juga sebanyak 100 siswa sebagai wirausaha muda yang memiliki usaha apapun sebagai contoh untuk siswa yang lain,” ujarnya.

Siswa tersebut akan diajarkan kiat-kiat memasarkan produk baik secara daring maupun konvensional. Sehingga siswa sudah memiliki usaha mandiri, seperti menjual baju, kuliner dan usaha lainnya. “Baru-baru ini sekolah kami bekerjasama dengan Shopee untuk mengembangkan digital marketingnya,” tuturnya.

Sementara, Kepala Program Jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI) SMKN 7 Kota Bekasi Rangga menyampaikan, sekolahnya saat ini hanya menjalankan program anti bullying.

“Program dari pengembangan SMK salah satunya ada program anti bullying yang masuk dalam pengembangan karakter dan penguatan budaya kerja berbasis profile pelajar Pancasila,” ungkapnya.

Dalam program ini, guru memberikan wawasan penerapan pembelajaran yang bebas dari perundungan kepada siswa. Selain itu, membentuk agen perubahan yang terdiri dari 30 siswa. (dew)

Related Articles

Back to top button