Berita UtamaPolitik

Kepengurusan Golkar Diserahkan ke KPU

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setelah dilantik beberapa waktu lalu, DPD Golkar Kota Bekasi menyerahkan susunan nama kepengurusan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi. Susunan nama tersebut sebagai kelengkapan dokumen persyaratan administrasi.

“Ya Golkar telah menyerahkan SK pengurus terbarunya. Dan SK itu disampaikan ke KPU untuk memperbaharui data kepengurusan partai yang ada di KPU sebelumnya. Intinya, hanya informasi saja sifatnya,” kata Ketua Komisioner KPU Daerah (KPUD) Kota Bekasi, Nurul Sumarheni.

Nurul menyebut, kaitan dengan dokumen SK secara autentik itu merupakan berkas yang dikeluarkan resmi dari DPD Jawa Barat. Tapi hal ini tidak ada kaitannya dengan tahapan Pemilu, karena pada saat parpol mendaftar untuk menjadi peserta pemilu itu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, tapi itu pun yang berkewenangan di tingkat pusat.

“Jadi, tak ada kaitannya dengan Pemilu, tapi hanya sekedar pembaharuan data pengurus partai dari data yang ada di KPU. Sah atau tidak bukan kewenangan kami, yang jelas SK itu dikeluarkan oleh DPD Jabar,” tandasnya.

Selain itu, Golkar Kota Bekasi juga belum menyerahkan proposal pencairan Dana bantuan Partai Politik (Banparpol),”Untuk proses pencairan banparpol masih ada Gerindra dan Golkar, tapi mereka beberapa waktu lalu sudah datang ke kantor untuk menyerahkan proposalnya, dan selalu berkoordinasi untuk kelengkapan berkasnya, karena dari hasil verifikasi memang ada yang kurang dan perlu dilengkapi lagi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri (Poldagri) pada Badan Kesbangpol Kota Bekasi, Susilowati,

Menurut Susi, sesuai syarat administrasinya itu ada beberapa yang kurang, terutama dari berkas Partai Golkar yang diketahui memang baru menyelesaikan Musda sehingga masih harus melengkapi syarat seperti pengesahan dari KPU terkait bukti persyaratan dokumen secara autentik dari kepengurusan partainya, dan syarat dari domisili kantor DPD.

“Tapi informasinya, kekurangan syarat Partai Golkar itu sudah ditindaklanjuti mereka yang belum lama ini mendatangi kantor KPU guna memenuhi kekurangan syarat itu. Artinya, ya Insya Allah mudah-mudahan dapat dicairkan dalam waktu dekat ini, termasuk juga Partai Gerindra,” harapnya. (mhf)

Related Articles

Back to top button