Dorong Lulusan Lanjut Kuliah

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Kota Bekasi saat melakukan persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Sejumlah satuan pendidikan tingkat SMA di wilayah Bekasi mendorong lulusannya untuk melanjutkan kuliah. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Kota Bekasi saat melakukan persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Sejumlah satuan pendidikan tingkat SMA di wilayah Bekasi mendorong lulusannya untuk melanjutkan kuliah. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah satuan pendidikan tingkat SMA di wilayah Bekasi mendorong lulusannya untuk melanjutkan kuliah. Dalam beberapa tahun belakangan ini, lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mengalami penurunan.

Kepala SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi Margo Cahyono mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan ini lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mengalami penurunan.


“Dua tahun belakangan ini memang angka persentase lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menurun,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (30/12).

Lebih lanjut Margo menjelaskan, rata-rata penurunan berada di angka sekitar 10 persen. Hal ini menjadi tugas sekolah untuk meningkatkan minat siswa setelah lulus untuk melanjutkan kuliah.


“Rata-rata setiap tahunnya mengalami penurunan di angka 10 persen, yang berarti setiap kali ada penurunan menjadi tugas kami untuk kembali meningkatkan angka tersebut,” tuturnya.

Pada tahun ini, SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi meluluskan sebanyak 180 siswa. Dari jumlah itu, separuhnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia.

“Tahun ini kami meluluskan 180 siswa,  dari jumlah tersebut 50 persennya melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi negeri maupun swasta,” jelasnya.

Ia menargetkan, lulusan tahun depan yang  melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat meningkat berada di angka 60 sampai 70 persen. Berbagai strategi disiapkan oleh sekolah swasta tersebut. 

“Kami punya target di angka 60-70 persen, target ini kita dorong dengan memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa dan orang tua siswa terkait beasiswa atau PTN dan PTS yang bisa diikuti,”  ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Cikarang Pusat Sayuti. Ia mengungkapkan, sekolahnya memiliki target peningkatan lulusan yang melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

“Selama dua tahun ini cukuplah penurunan-penurunan yang terjadi pada lulusan yang melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi. Sehingga diharapkan pada tahun mendatang menjadi meningkat,” terangnya.

Seperti dengan sekolah lainnya, angka penurunan mencapai 10-15 persen pada dua tahun belakangan ini. Sehingga diharapkan peningkatannya dapat tercapai pada tahun mendatang.

“Memang sangat disayangkan adanya penurunan angka lulusan yang melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi,” tuturnya.

Sekitar 70 persen dari 395 lulusan SMAN 1 Cikarang Pusat pada tahun ini melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Diharapkan tahun depan bisa di angka 75 persen. (dew)