Berita Bekasi Nomor Satu

Lebih Greng, Begini Penampakan Motor Baru Repsol Honda

Repsol Honda rilis motor RC213V yang mendapat pembaruan besar-besaran dalam mesin konsep guna menghadapi MotoGP 2022. Foto: motogp.hondaracingcorporation.com

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Repsol Honda merilis motor RC213V yang mendapat pembaruan besar-besaran termasuk sasis yang direvisi dan mesin yang ditingkatkan untuk menghadapi musim MotoGP 2022.

Direktur Honda Racing Corporation (HRC) Tetsuhiro Kuwata mengatakan, mesin 2022 mengusung konsep “break out of our shell” untuk meningkatkan kinerja sehingga keseluruhan mesin benar-benar berbeda dari dua tahun terakhir.

“Kami mengubah mesin, sasis dan elektronik dengan konsep tersebut. Kami sudah menerapkan konsep baru ini dari tahun lalu, dan kami telah memeriksa kinerja konsep mesin baru dan kami dapat mengonfirmasi bahwa itu berfungsi untuk memperbaiki titik lemah kami,” ujar Kuwata dalam video presentasi tim HRC yang dirilis Selasa (8/2).

“Jadi, mesin 2022 ini memiliki evolusi lebih lanjut dengan arah yang sama,” tambah dia.

Lebih jauh, Manajer Teknis HRC, Takeo Yokoyama mengungkapkan, bahwa pengembangan konsep atau filosofi mesin baru tersebut dilakukan selama dua tahun di tengah situasi COVID-19 yang serbadibatasi.

Sisi baiknya, Yokoyama melanjutkan, tim HRC memiliki waktu yang lebih lama dari yang biasanya untuk melakukan studi lebih mendalam.

“Pada akhirnya kita sampai pada kesimpulan bahwa kita sebenarnya harus berubah lebih banyak dari apa yang biasanya kita lakukan. Ini juga memengaruhi cara mesin dipasang ke sasis dan tentu saja tentang bagaimana tampilan motornya,” kata Yokoyama.

“Karena keadaan Covid, kami memiliki periode pengembangan yang lebih lama. Jadi inilah mengapa motornya berubah sedikit lebih dari fase satu langkah biasanya,” kata dia lagi.

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig mengatakan, konsep baru tersebut juga melibatkan gagasan dari para pembalap, orang yang menurut dia paling tahu tentang ‘titik lemah dan poin bagus’ untuk meningkatkan performa motor.

Puig mengatakan, motor tersebut telah diuji coba pada tes MotoGP di Misano, juga di Jerez pada November lalu.

“Kami akhirnya bisa melakukannya dengan tidak lagi motor purwarupa tetapi nyata, motor yang tepat untuk musim ini,” ujar Puig. (wsa)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin