Akselerasi Vaksinasi Sasar Ratusan Lansia

TINJAU VAKSINASI: Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah) bersama Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto (kiri), Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki (kedua kanan), Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra (kanan) meninjau vaksinasi lansia di pendopo Alun-Alun, Kota Bekasi, Rabu (23/2).RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masih rendahnya capaian vaksinasi lansia menjadi perhatian serius guna mengantisipasi tingkat keparahan gejala Covid-19 bagi orang yang tergolong rentan termasuk lansia.

Kemarin, vaksinasi massal memfasilitasi vaksinasi lansia dilakukan di Alun-Alun M Hasibuan Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan.


Tidak hanya lansia, vaksinasi dosis pertama, kedua serta vaksin booster juga menyasar anak-anak, remaja hingga dewasa.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Metro Jaya, M Fadli Imran beserta jajaranya turut meninjau langsung proses vaksinasi di lokasi Alun-Alun yang baru diresmikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.


“Resiko kematian jika sudah di vaksin dan tertular minimal dapat diminimalisir,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Fadil Imran saat melakukan interaksi dengan lansia kemarin.

Ia mengatakan koordinasi pelaksanaan akselerasi vaksinasi lansia yang diselenggarakan Kapolres Metro Bekasi Kota dan Plt Wali Kota Bekasi di Alun -alun M Hasibuan Kota Bekasi menargetkan sebanyak 600 lansia tervaksinasi.

“Ada sekitar 600 lansia yang akan divaksin, ini adalah hasil penyisiran dari warga lansia yang belum vaksin dosis satu dan dosis dua. Jika ada yang sudah lengkap akan di vaksin booster,” ujarnya.

Ia mengaku, untuk vaksinasi lansia memang perlu pemeriksaan detail, riwayat penyakit hingga bisa benar-benar divaksinasi. Temuan di lapangan ada kendala – kendala medis, seperti yang dialami Supardi, meski antusia namun tertunda karena tensi darah tinggi. Mengantisipasi hal itu diakuinya ada upaya-upaya termasuk treatment yang berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk memfasilitasi.

“Mudah -mudahan dengan akselerasi vaksinasi lansia, membuat resiko kematian terhadap yang rentan dan resiko komorbid dapat diminimalisir,” tutupnya.

Akselerasi Vaksinasi di Alun – Alun Kota Bekasi juga melayani warga yang akan vaksinasi dosis 1, 2 dan booster dengan menyiapkan vaksin untuk 3.000 orang.

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberikan paket sembako kepada perwakilan lansia yang sudah melaksanakan vaksinasi didampingi Kapolres Metro Bekasi Kota, Plt Wali Kota dan Kasdim 0507/ Bekasi.

Dilokasi yang sama, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, proses gebyar vaksinasi berjalan dengan baik. Banyak warga yang berdatangan untuk divaksinasi.

“Pemerintah Kota Bekasi juga akan selalu siap menyediakan vaksin di setiap puskesmas se-Kota Bekasi. Bahkan, untuk lansia, petugas datang langsung ke rumah warga (door to door). Mudah-mudahan warga Kota Bekasi dapat melakukan vaksinasi,” tukasnya. (pay).