Final Piala Thomas 2022, Indonesia versus India, Ibarat Gajah Lawan Semut

Final Piala Thomas 2022, Indonesia versus India
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Piala Thomas 2022. Foto: 6Twitter/INABadminton

 

RADARBEKASI.ID, BANGKOK – Ada kejutan di Final Piala Thomas 2022. Indonesia akan menantang tim India yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5) pada pukul 13.00 nanti siang. Pertandingan final ini ibarat pertarungan Gajah lawan Semut.


Kedua tim, Indonesia maupun India, mesti berjuang ekstra dapat melaju ke Final Piala Thomas 2022. Indonesia harus berjuang hingga partai kelima untuk menaklukkan Jepang 3-2 di semifinal.

Indonesia sempat unggul 2-0 berkat kemenangan Anthony Sinisuka Ginting dan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo.


Ginting menundukkan superstar Jepang, Kento Momota, sedangkan Ahsan/Kevin menghajar Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sayang, langkah Indonesia untuk ke final sempat tertunda setelah Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto takluk dari wakil Jepang.

Jojo -sapaan karib Jonatan Christie- menyerah di hadapan Kenta Nishimoto, sementara Fajar/Rian takluk dari Akira Koga/Yuta Watanabe.

Alhasil, laga dilanjutkan hingga partai kelima untuk menentukan pemenang. Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu lolosnya Indonesia ke final Piala Thomas 2022 seusai menghajar pemuda Jepang, Kodai Naraoka.

 

Kini, Indonesia sudah ditunggu India yang berhasil lolos ke final seusai menyingkirkan salah satu kandidat juara, Denmark.

Sama seperti Indonesia, India juga menang dramatis melawan satu-satunya negara Eropa di semifinal Thomas Cup 2022 tersebut.

Ini adalah final Piala Thomas ke-21 bagi Skuad Garuda. Dari 20 final sebelumnya, Tim Merah Putih 14 kali menjadi juara dan enam kali menjadi runner up.

Dengan begitu, Indonesia menjadi tim tersukses di ajang ini dengan 14 mahkota juara. Adapun India, ini adalah final Thomas Cup pertama mereka.

Duel Final Piala Thomas 2022 antara Indonesia versus India ini, ibarat pertarungan Gajah lawan Semut. (zar)