Dukung Program Penghijauan, BCA dan Pemkab Bekasi Tanam 1.000 Bibit Pohon  

 

RADARBEKASI.ID, CIKARANG – Sebagai bagian dari perbankan nasional yang turut serta dalam pembangunan infrastruktur negeri, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program. Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan pemerintah kota Cikarang melaksanakan program penghijauan dengan menanam 1.000 bibit pohon di Desa Pasirranji Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi.


Seremoni kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pendukung Operasional BCA Kanwil IX Regina Rante Senobua, Kepala BCA KCU Cikarang Hiu Suzanna, Penyuluh Kehutanan Madya Dinas Kehutanan Jawa Barat Rusmana, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Nayu Kulsum, Kepala Desa Pasirranji Wardi Sunandar dan Plt Camat Cikarang Pusat Iman Santosopada, baru-baru ini. Seremoni ini juga dihadiri oleh segenap karyawan BCA, staf kecamatan & desa serta masyarakat umum yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit.

“Pemanasan global yang terjadi mendorong kita semua sebagai penghuni bumi untuk merawat dan mengambil bagian dalam upaya mempertahankan lingkungan tempat kita tinggal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penghijauan seperti program penanaman pohon ini. BCA pun berinisiasi bersama dengan pemerintah setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman khususnya untuk kawasan Cikarang. Program penanaman 1.000 bibit pohon hari ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BCA yang juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Walk For Tree,” ujar Suzanna.


Pada kesempatan ini, program penanaman 1.000 bibit pohon kali ini terdapat dua jenis bibit yang ditanamkan yaitu pohon kayu Albasia dan pohon buah Eukaliptus masing-masing berjumlah 500 bibit. Penanaman bibit ini diharapkan dapat memperbaiki udara di kawasan desa Pasirranji dan menurunkan iklim mikro di sekitar lokasi penanaman. Tidak hanya melakukan penanaman pohon, melainkan BCA pun akan turut aktif dalam merawat pertumbuhan pohon ini.

“Kecamatan Cikarang Pusat menyambut baik program penanaman pohon yang diinisiasi oleh BCA dan menunjuk Kelurahan Pasirranji sebagai lokasi penanaman Pohon ini. Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1.000 pohon berlokasi Area yang ditujukan sebagai hutan Kota. Jenis pohon yang ditanam memiliki tajuk yang lebar ketika sudah besar nanti, sehingga diharapkan dengan adanya pepohonan ini mampu menurunkan iklim mikro di sekitar lokasi penanaman,” ungkap Iman.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan. Penanaman pohon di Cikarang ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati tiap 5 Juni dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan tiap 17 Juni 2022.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim. (oke)