Aktif sebagai Jurnalis Kampus

Alfian Salman Alfarisi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Alfian Salman Alfarisi merupakan mahasiswa semester V Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) Bekasi. Remaja yang akrab disapa Pian ini aktif sebagai jurnalis kampus.

Ia tercatat sebagai anggota Divisi Jurnalistik Lembaga Pers Mahasiswa Pena Muda. Pian bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ubhara Jaya itu sejak 2020.


Selama ini, Pian aktif dalam penulisan berita dan laporan langsung. Ia mengungkapkan, salah satu kendalanya dalam menjalankan tugas jurnalistik.

“Kalau dari saya pribadi, hal yang paling sulit sebagai jurnalis itu, nyari narasumber untuk diliput,” ungkap Pian.


Selama bergabung di UKM itu, hasil liputan Pian telah diterbitkan di laman resmi Pena Muda maupun Instagram LPM Penda Muda. Salah satu karya jurnalistiknya mengenai pemberitaan pergantian masa jabatan Badan Pengurus Harian (BPH) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ubhara Jaya serta regenerasi untuk masa jabatan BPH yang baru di kampus Ubhara Jaya.

Selain aktif menulis berita untuk Pena Muda, Pian juga sering kali melakukan kegiatan berupa siaran langsung di media sosial Instagram untuk melaporkan beberapa peristiwa yang terjadi di dalam kampus maupun di luar kampus.

Salah satunya adalah laporan langsung Mimbar Aksi Mahasiswa Ubhara Jaya pada Juni 2022 untuk LPM Pena Muda. Di luar perannya menjadi jurnalis Pena Muda, sesekali ia juga mendapat kesempatan untuk menjadi Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara untuk acara Workshop Jurnalistik maupun acara lain yang sering diadakan.

Selama kurang lebih dua tahun menjadi anggota aktif LPM Pena Muda, Pian cukup banyak merasakan kendala atau bahkan perubahan yang terjadi semasa perannya menjadi jurnalis kampus.Terlepas dari itu semua banyak juga kesan baik yang ia dapatkan.

“Kesan menjadi anggota Pena Muda dari saya pribadi sih seru. Saya jadi bisa belajar, diskusi bareng-bareng tentang jurnalistik lebih dalam, karena memang di Fikom sendiri hanya sedikit pengetahuan yang saya dapatkan. Selain itu, di Pena Muda sendiri lebih banyak praktek langsung serta pengalaman-pengalaman lainnya,” ungkap Pian. (mg1)