Mahasiswa Unisma Ajak Pemuda Desa Promosikan Wisata Pantai Putri

ISTIMEWA/RADAR BEKASI PELATIHAN : Mahasiswa KKN Unisma Bekasi Adeana Ayusta saat memberikan pelatihan pengelolaan Media Sosial bagi pemuda desa Segarjaya, Kabupaten Karawang.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pantai Pulau Putri di wilayah Desa Segarjaya memiliki potensi wisata yang menarik. Namun sayangnya belum banyak masyarakat yang tau. Padahal, jika dipromosikan dengan baik maka akan banyak orang mengenalnya.

 


Salah satu media promosi yang bisa dimanfaatkan yakni melalui media sosial. Melihat peluang tersebut, salah satu mahasiswa KKN Unisma Bekasi Adeana Ayusta memberikan pelatihan pengelolaan media sosial sebagai sarana promosi wisata.

 


Pelatihan yang diberikan kepada para pemuda  Desa Segarjaya ini disambut antusias peserta.,”Pelatihan ini sengaja kami berikan untuk meningkatkan semangat muda berkarya dalam upaya membantu penyebarluasan informasi dan pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan wisata Desa Segarajaya.,”kata Adeana.

 

Sosialisasi yang digelar selama 1 jam 30 menit, dimulai pada pukul 10. 18 WIB itu disambut antusias para pemuda Desa Segarjaya. Berbagai pembahasan menarik disampaikan oleh Adeana Ayusta selaku pemateri dalam sosialisasi ini. Mulai dari pemanfaatan media sosial sebagai media promosi desa wisata, pengenalan jenis konten promosi mulai dari foto, carousel dan video, rekomendasi tools editing, dan memberikan tips dalam membuat konten.

 

Menentukan karakteristik konten yang memiliki value dan menjalankan tahapan produksi, disampaikan dengan baik oleh pemateri. Beberapa “rahasia” konten pun dibahas, seperti membuat hasil foto yang bagus dan bermakna, membuat konten multiple post yang saling berkaitan dan pentingnya 15 detik pertama video yang sangat berpengaruh pada interaksi penonton.

 

Seorang peserta, Gading (18), mengaku senang telah mendapatkan ilmu baru dan tertarik untuk menggunakan media sosialnya sebagai upaya mempromosikan potensi di daerahnya. “Saya baru tahu ternyata promosi tidak hanya sebatas foto saja, melainkan konten carousel dan video yang malah makin seru dan menarik.”terangnya.

 

Selain materi, kegiatan diisi dengan diskusi untuk menggali potensi alam dari Pantai Pulau Putri. Banyak ide menarik telah disampaikan saat kegiatan berlangsung. Terlihat dalam diskusi ini peserta sangat antusias bertanya mengenai strategi apa yang dapat dituangkan dalam konten mereka. Pendampingan pun dilakukan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut terkait konten mana saja yang sedang viral  dan dapat diimplementasikan sebagai konten yang menarik.

 

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Bapak Jana mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar generasi muda dapat menumbuhkan semangat kreatifitas dalam mengembangkan potensi wisata. “Sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan ini, harapannya para pemuda Desa Segarjaya kembali semangat untuk membangkitkan wisata yang ada.” Tandasnya. (mif/adeana)