Berita Bekasi Nomor Satu

Curah Hujan Tinggi, Disdik Ingatkan Ini ke Kepsek SD dan SMP Rawan Banjir   

SDN Pekayon Jaya V
BERSIHKAN SEKOLAH: Guru SDN Pekayon Jaya V Kota Bekasi terlihat membersihkan sekolah yang terendam banjir. Dewi Radar Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASIDinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi mengingatkan seluruh kepala sekolah (kepsek) jenjang SD dan SMP yang rawan banjir saat curah hujan tinggi untuk memindahkan dokumen serta sarana prasarana elektronik ke tempat yang lebih aman.

“Kami telah mengingatkan kepada sekolah dengan curah hujan yang cukup tinggi saat ini bisa jadi musibah bencana banjir akan terjadi. Jadi kami ingatkan sekolah untuk mengamankan dokumen serta sarana prasarana elektronik,” ujar Sekretaris Disdik Kota Bekasi Krisman Irwandi kepada Radar Bekasi, Kamis (13/10).

Menurutnya, antisipasi tersebut harus dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan. Mengingat sebelumnya beberapa sekolah di Kota Bekasi terendam banjir.

“Melihat kasus banjir yang parah 2019, curah hujan tinggi saat itu apalagi dengan potensi kiriman air. Jadi kami sudah mengantisipasi ini kepada seluruh sekolah untuk mengamankan barang elektronik serta dokumen penting,” tuturnya.

Selain itu Disdik juga mengingatkan agar pihak sekolah dapat memastikan saluran air beroperasi dengan cukup baik, sehingga tidak ada sampah yang menyumbat aliran air.

“Pastikan sekolah bersih, kadang genangan air bisa terjadi karena penyumbatan saluran air. Dimulai dari hal-hal yang terkecil saja,” jelasnya.

Sementara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 9 Kota Bekasi Agus Hamid menyampaikan, pihaknya telah menerima imbauan dari Disdik tersebut. Sebagai tindak lanjut, Agus mengungkapkan, telah mengambil langkah antisipasi mengingat sekolahnya kerap tergenang banjir karena masuk dalam dataran rendah.

“Sekolah kami memang kerap mengalami banjir, apalagi beberapa kelas yang datarannya rendah. Sekolah kami juga berdampingan dekat dengan kali yang kadang jika hujan besar kali tersebut meluap jadi airnya sampai ke sekolah,” jelasnya.

Beberapa dokumen penting dan peralatan elektronik sudah ditempatkan ke tempat yang lebih tinggi. Ia memastikan, sekolah tetap dalam keadaan bersih sehingga tidak ada penumpukan sampah yang terjadi khususnya dalam saluran air.

Selain antisipasi bencana banjir, sekolah juga mengingatkan kepada siswanya untuk tetap menjaga kesehatan dengan istirahat cukup dan minum vitamin.

“Kami mengingatkan kepada siswa untuk tetap menjaga kesehatan, karena cuaca yang hampir setiap hari hujan ini bisa membuat daya tahan tubuh siswa menurun dan gampang sakit,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin