Berita Bekasi Nomor Satu

MGMP Bahasa Inggris Ajak Anggota Menulis Buku

Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Bekasi Heru Setyo Prabowo

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP Kabupaten Bekasi punya program baru tahun ini. Organisasi yang diketuai oleh Heru Setyo Prabowo berencana menerbitkan buku hasil karya tulis para anggota.

MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Bekasi mengajak para anggota menulis untuk diterbitkan menjadi buku. “MGMP tengah memproyeksikan rencana untuk menulis untuk diterbitkan menjadi buku dan kontributornya adalah guru-guru Bahasa Inggris,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (15/10).

Membuat karya tulis merupakan program baru MGMP SMP Kabupaten Bekasi. Berdasarkan hasil pertemuan, sebagian besar anggota berkenan untuk menulis buku. Adapun tema besar karya tulis yakni pendidikan dan pengalaman unik selama anggota bertugas menjadi seorang guru. Jumlah kata per guru telah ditentukan minimal 1.000.

Selain tema besar yang dibuat, buku yang akan dicetak juga menampung hasil karya puisi dan cerpen.  “Kami juga menampung bila ada yang ingin menulis puisi ataupun cerpen, jadi bukan hanya tema besar saja yang akan kami rangkum dalam buku tersebut,” kata Heru-sapaan akrabnya.

Pembuatan karya tulis ini sudah berjalan selama satu minggu. Adapun tenggat waktu pengumpulan satu bulan sejak dimulai. Program membuat hasil karya tulis ini dihadirkan agar guru dapat lebih aktif dan kreatif.

“Mereka juga akan memiliki histori cerita yang dirangkum bersama dengan teman-teman guru lainnya melalui buku yang akan dicetak nanti,” tukasnya.

Senang Traveling sejak Remaja

Pria kelahiran Banyumas 55 tahun lalu ini mengaku senang traveling atau bepergian ke suatu tempat saat waktu senggang sejak masih usia remaja.

“Hobi traveling ini memang tidak saya lakukan setiap waktu, hanya waktu-waktu tertentu saja ,” ungkap guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Cikarang Utara ini.

Dengan traveling, Heru bisa lebih dekat dengan suatu tempat yang sebelumnya hanya dilihatnya melalui siaran televisi maupun buku. Traveling baginya bukan hanya sekadar liburan, melainkan mendapatkan pengalaman.

Sebab, suatu tempat yang dikunjungi memiliki keberagaman budaya dan adat istiadat masing-masing. “Setiap kota atau tempat yang saya singgahi, mereka memiliki adat istiadat yang berbeda. Jadi secara tidak langsung saya mendapatkan pengalaman dan pelajaran dari hobi traveling ini,” katanya.

Beberapa daerah di Indonesia sudah dikunjungi. Antara lain Depok, Garut, Tasikmalaya, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, sampai Bali.

Ia masih ingin mengunjungi daerah lain di Tanah Air. Jika saat masih remaja traveling seorang diri, sejak menikah Heru lebih sering bepergian bersama keluarganya.

“Biasanya bersama dengan keluarga, tapi kadang juga sendiri, biasanya bareng teman-teman. Jadi disesuaikan dengan tujuan travelingnya saja,” pungkasnya. (dew)

BIODATA

Heru Setyo Prabowo

Lahir: Banyumas, 3 Juli 1967

Riwayat Pendidikan:

– SDN 1 Sokaraja (1980)

– SMPN 1 Sokaraja (1983)

– SMAN Sokaraja (1986)

– S1 Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Muhammadiyah Purwokerto (1995)

– S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indraprasta Jakarta (2014)

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin