Ujian Sekolah 2023, Calon Peserta Mulai Didata

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 6 Kota Bekasi, mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Dewi Wardah/Radar Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI Sekolah jenjang SMAN di wilayah Bekasi mulai melakukan pendataan calon peserta ujian. Pendataan calon peserta ujian dilakukan bagi siswa kelas XII. Kepala SMAN 1 Sukakarya  Acep Hadi menyampaikan, pihaknya tengah melakukan pendataan peserta ujian bagi siswa kelas XII yang akan lulus tahun depan.

“Saat ini sekolah sedang menyusun data peserta ujian khusus siswa kelas XII yang akan lulus 2023 nanti,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (20/10).


Proses pendataan meliputi nama siswa yang sesuai dengan nama ijazah sebelum nya, nama orang tua, tempat tanggal lahir, alamat, dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

“Itu semua diinput oleh sekolah untuk pembuatan kartu ujian,” jelasnya.


Ujian sekolah bagi siswa kelas XII sesuai kalender pendidikan akan dilaksanakan pada April 2023. Pendataan siswa peserta ujian sengaja dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Untuk penyusunan data siswa agar tercetak kartu ujian harus dilakukan saat ini mengingat proses menuju kelulusan itu sangat panjang,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 8 Kota Bekasi Istiyo Wahyuni. “Proses penyusunan data untuk pencetakan kartu ujian saat ini sedang kami lakukan,” tuturnya.

Pendataan dilakukan sejak jauh hari mengingat banyaknya jumlah siswa kelas XII. Setelah selesai pendataan, format data yang menyangkut siswa akan dilaporkan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III.

“Beberapa format data yang disiapkan sekolah itu lumayan banyak, jadi harus disiapkan dari sekarang. Agar ketika diminta kami sudah siap untuk melaporkannya,” terangnya. (dew)