Berita Bekasi Nomor Satu

Pembenahan Anggota hingga Pelatihan Kepenulisan jadi Program Kerja KPPBR

Lili Priyani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lili Priyani merupakan ketua baru dari Komunitas Komunitas Pendidik Penulis Bekasi Raya (KPPBR). Pembenahan anggota hingga pelatihan kepenulisan menjadi program kerjanya. Jabatan sebagai ketua KPPBR periode 2022-2027 baru diemban Lili-sapaan akrabnya pada bulan lalu. Lili menggantikan ketua sebelumnya yang sudah habis masa jabatannya.

“Saat ini saya memiliki tanggung jawab dan tugas untuk menjalankan sejumlah program kerja yang saat ini sudah dirancang dan desain bersama dengan para anggota,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Minggu (6/11).

Program kerja yang akan dijalankan, antara lain pembenahan dan perekrutan anggota, lomba membaca puisi, anjangsana literasi sekolah, dan pelatihan kepenulisan. Lili menjelaskan, pembenahan dan perekrutan anggota KPPBR dilakukan agar seluruh anggota memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Biar lebih rapi dan tertib administrasi para anggota harus memiliki KTA, sehingga saat ini kami sedang melakukan pembenahan,” ujar guru di SMAN 2 Cikarang Utara ini.

Sedangkan lomba membaca puisi bertajuk ‘Gebyar Literasi Anak Bekasi’ ini akan menyasar peserta dari kalangan pelajar tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-Bekasi Raya. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19 November 2022.

Sementara, anjangsana literasi sekolah merupakan program kunjungan KPPBR ke sekolah-sekolah yang sedang melaksanakan kegiatan literasi. “Misalnya membersamai kegiatan readathon (membaca bersama) atau memenuhi permintaan sekolah yang ingin melaksanakan pelatihan kepenulisan,” ujar Lili.

Lalu, pelatihan kepenulisan yang ditujukan kepada guru. “Kami menggagas pelatihan kepenulisan bagi para guru agar para guru memiliki kemampuan basic bagaimana cara menulis atau bagaimana cara bisa memulai menulis dengan baik. Untuk program ini kami bisa laksanakan secara daring maupun luring,” tuturnya.

Menurut Lili, KPPBR merupakan komunitas yang memiliki sisi unik. “Sisi unik dari KPPBR ini yaitu memantik semangat berliterasi bagi para guru maupun para peserta didiknya. Kami berkomitmen untuk terus menjaga semangat guru dalam hal berliterasi,” pungkasnya.

Guru Berprestasi

Lili merupakan guru berprestasi. Sejumlah penghargaan bergengsi pernah diraih oleh perempuan kelahiran Tanjungpandan 52 tahun lalu ini.

Antara lain, Guru Berprestasi 2018, Guru Inspiratif Literasi 2017, Penulis Puisi se-ASEAN 2018 yang mendapat rekor MURI, Literasi IGI 2018, Instruktur Literasi Jenjang SMP se-DKI Jakarta 2019, Perempuan Inspiratif  2019, dan Pemenang Acarya Sastra 2019.

“Alhamdulillah saya berhasil bergerak menjadi sosok wanita yang bermanfaat, dimana masih cukup banyak prestasi yang berhasil saya raih,” ungkap Lili.

Dirinya akan berusaha terus menjadi sosok wanita yang berguna dan meraih serta mencetak berbagai macam prestasi. “Saya akan terus bergerak mencetak sejarah yang saya inginkan, karena menurut saya waktu tidak akan terulang kembali sehingga waktu yang ada saat ini saya gunakan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Lili memiliki hobi menulis sejak SMA dengan aktif di majalah sekolah.  Baginya, menulis merupakan bagian dari merekam jejak sejarah, meninggalkan jejak ketika nafas terjeda, dan bisa menjadi pengingat sepanjang masa.

“Saya pernah ditanya kenapa sih ambisi dan suka banget menulis, saya bisa menulis itu bagian dari rekam jejak sejarah, dimana tulisan itu bisa menjadi pengingat sepanjang masa,” ungkapnya.

Sejak suka menulis, Lili memiliki moto ‘Menulislah maka berjuta suara akan mengalun abadi’. Dari motornya, ia bertekad untuk menorehkan karya dan prestasi agar tidak lekang oleh waktu dan tidak berjarak walau raganya telah tiada.

“Dengan moto yang saya buat, saya berharap bisa menorehkan karya agar tidak lekang oleh waktu dan tidak berjarak walau raga tiada,” pungkasnya. (dew)

BIODATA

Lili Priyani

Lahir: Tanjungpandan, 3 September 1970

Riwayat Pendidikan:

– SD UPTBel Tanjungpandan (1983)

– SMP UPTBel Tanjungpandan (1986)

– SMAN 1 Tanjungpandan (1989)

– S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Bandung (1993)

– S2 Manajemen Pendidikan STIE Ganesha Jakarta (2010)

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin