PGRI Kota Bekasi Kawal Rencana Penerimaan CPNS Guru 2023

  ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMPN 13 Kota Bekasi mencium tangan gurunya setelah salat zuhur berjamaah di musala sekolah. PGRI mendorong adanya penerimaan CPNS formasi guru pada 2023. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) siap mengawal rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi guru pada 2023.

Wakil Ketua II PGRI Kota Bekasi Jojo mengatakan, bahwa pengangkatan guru PNS mendesak. Sebab, banyak guru PNS yang memasuki pensiun tahun ini.


“Saat ini banyak tenaga pendidikan dengan status PNS telah memasuki purna bakti, sehingga pengangkatan PNS bagi guru memang sangat penting saat ini,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (5/12).

Beberapa tahun terakhir, pemerintah tidak membuka seleksi calon PNS bagi guru. Pemerintah hanya membuka rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).


Diakui, rekrutmen PPPK ini menjadi solusi bagi guru yang sudah lama bertugas dengan status honorer agar memiliki posisi yang lebih baik. Namun dirinya menegaskan bahwa tenaga pengajar PNS dibutuhkan.

BACA JUGA: Mewujudkan PGRI sebagai Organisasi Guru Berbasis Kemitraan

“Tidak dipungkiri pengangkatan PPPK ini memang cukup menjadi solusi bagi guru honorer yang sudah lama bertugas agar bisa diangkat menjadi PPPK. Namun tidak dipungkiri juga dunia pendidikan membutuhkan tenaga pendidik khusus dengan status PNS agar bisa menjaring talenta-talenta muda guru yang berkualitas,” jelasnya.

Dikatakan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa tahun depan pemerintah akan membuka seleksi calon PNS bagi guru. PGRI akan mengawal rencana tersebut.

“2023 informasinya sudah diagendakan akan ada pengangkatan PNS bagi guru dan rencana tersebut kami terus kawal agar di tahun mendatang pemerintah memang benar membuka lowongan bagi guru dengan status PNS,” ucapnya.

Menurutnya, rencana seleksi calon PNS bagi guru akan memberikan semangat baru bagi dunia pendidikan khususnya bagi guru muda yang memiliki talenta-talenta baru.

“Adanya kembali rekrutmen bagi guru dengan status PNS, tentu akan memberikan semangat baru bagi dunia pendidikan. Jadi kami PGRI selalu mendorong agar rekrutmen PNS bagi guru ini diadakan kembali di tahun mendatang,” terangnya. Dengan adanya seleksi guru PNS, diharapkan dapat mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik. (dew)