MTs Unggulan Al Munawwaroh Banyak Raih Prestasi di 2022

FOTO BERSAMA: Kepala MTs Unggulan Al Munawwaroh Faruq Al Ghozi berfoto bersama dengan siswanya yang meraih prestasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI MTs Unggulan Al Munawwaroh merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Assabilatul Munawwaroh (YASMU). Meski baru berdiri 2021, madrasah ini sudah banyak meraih prestasi melalui siswanya di  2022.

Prestasi yang diukir selama periode Oktober sampai November 2022 ini meliputi bidang Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Adapun prestasi itu yakni Terbaik 1 untuk Pidato Bahasa Inggris tingkat Kabupaten Bekasi 2022, Terbaik 2 untuk Pidato Bahasa Arab tingkat Kabupaten Bekasi 2022, Terbaik 1 untuk Pidato Bahasa Indonesia tingkat Jabodetabek 2022, Terbaik 1 untuk Pidato Bahasa Inggris tingkat Provinsi 2022, dan Harapan 3 untuk Pidato Bahasa Arab tingkat Provinsi 2022.


Kepala MTs Unggulan Al Munawwaroh Faruq Al Ghozi mengungkapkan, prestasi yang diraih oleh anak didiknya ini berkat kerja sama, kerja keras, dan dorongan semua pihak yang terlibat.

“Kesuksesan ini yang terbesar adalah selalu libatkan Allah SWT dalam setiap gerak kita,” ucap Faruq, dalam keterangan resminya.


Ia menyebut, madrasah memiliki slogan Mandiri Berprestasi. Dengan slogan itu, diharapkan bisa menjadi cambuk dan iringan doa untuk seluruh madrasah di Indonesia, termasuk MTs Al Munawwaroh.

“Slogan madrasah Mandiri Berprestasi ini sengaja diangkat sebagai pemacu dalam ekspansi pendidikan madrasah sebagai bentuk aplikasi transformasi layanan umat di bidang pendidikan Islam baik tingkat RA, MTs, maupun MA,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Faruq, dengan berbagai pengalaman dan prestasi peserta didik diharapkan tetap mengembangkan upskilling dan reskilling.

Upskilling dengan giat meningkatkan kemampuan pada bidang potensial dan reskilling dengan giat mempelajari bidang lain dan memperluas explorasi diri tentunya dengan bimbingan intensif dewan asatidz atau asatidzah MTs Unggulan Al Munawwaroh yang profesional di bidangnya,” jelasnya.

Pengawas MTs Unggulan Al Munawwaroh Kamsudin mengatakan, dirinya mengaku bangga MTs Unggulan Al Munawwaroh sudah mampu meraih sejumlah prestasi di tingkat kabupaten, Jabodetabek, sampai provinsi.

“Saya salut dan bangga terhadap madrasah ini. Mungkin bisa kita sebut sebagai madrasah bintang dengan rentetan pencapaian dalam usia waktu yang cukup masih muda,” ujarnya.

Menurut Kamsudin, prestasi yang berhasil diraih oleh siswa tak semudah membalikan telapak tangan. Butuh proses berupa pendampingan dan bimbingan secara intensif selama kurun waktu satu sampai dengan dua bulan lamanya.

“Siswa yang ikut aktif dalam membawa prestasi mengaku bersyukur, ketika mereka memiliki wadah untuk pengembangkan kemampuannya dalam berbahasa asing,” ujar Kamsudin.

Kini, MTs Unggulan Al Munawwaroh sudah lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Hal tersebut didasari oleh keaktifan sekolah mengikuti sederet kegiatan eksternal.

Ia menambahkan, pada pertengahan Oktober 2022 MTs Unggulan Al Munawwaroh melakukan perhelatan Wisuda Kitab Aqidatul Awam yang diikuti oleh 50 siswa. Program tersebut diklaim sekali dilaksanakan oleh sekolah formal, khususnya di Kabupaten Bekasi.

Senada dikatakan Perwakilan Komite Sekolah Yuli Hidayati. Pihaknya juga turut bangga dan senang atas prestasi yang diraih siswa sepanjang tahun lalu.

“Kami selalu perwakilan komite mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh dewan Asatidz atau Asatidzah yang telah membimbing putra dan putri kami melalui sekolah MTs Unggulan Al Munawwaroh,” tuturnya

Sementara, Ketua Yayasan Assabilatul Munawwaroh (YASMU) Aca Syathybie menyampaikan, dirinya sangat bersyukur dan bangga melihat madrasah ini yang namanya terus muncul di permukaan Kabupaten Bekasi sampai provinsi hingga nasional dengan mendapatkan prestasi berturut-turut. (dew/pms)