Perdalam Ilmu Agama

Nayla Fariska Muharami

RADARBEKASI.ID, BEKASI  Siswa bernama lengkap Nayla Fariska Muharami (14) ini tengah berupaya untuk memperdalam ilmu agamanya melalui hafalan Al-Qur’an.

“Aku sudah belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an sejak SD, karena dari kecil sudah diarahkan orangtua untuk belajar ilmu agama,” ungkap siswa SMPN 1 Tarumajaya ini.


Meskipun terasa sulit untuk menghafal beberapa bagian dalam ayat Al-Qur’an, namun hal tersebut dapat teratasi dengan cukup baik karena dirinya tetap mendapatkan bimbingan dari kedua orangtuanya.

“Alhamdulillah bisa teratasi dengan baik karena dibantu oleh orang tua,” ungkapnya.


Baginya, menghafal Al-Qur’an merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi cukup tinggi. Sebab jika konsentrasi, maka akan cukup sulit untuk menghafal beberapa ayat Al-Qur’an.

“Beberapa kali agak sulit untuk mengendalikan konsentrasi aku dalam menghafal, jadi kalau mau menghafal pikiran harus relaks biar bisa konsentrasi dengan baik,” jelasnya.

Selain rutin membaca dan menghafal Al-Qur’an di rumah, dirinya juga aktif mengikuti pengajian di dekat rumah yang dilaksanakan lima kali dalam seminggu.

“Aku ikut pengajian di rumah yang kebetulan guru ngajinya adalah ibu aku. Aku aktif mengaji itu setiap Senin sampai Jumat,” tuturnya.

BACA JUGA: Upaya Madrasah Tingkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa  

Atas kegigihannya memperdalam hafalan Al-Qur’an, dirinya telah berhasil meraih sejumlah prestasi dan penghargaan dari sejumlah perlombaan. Antara lain, juara harapan 1 Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pentas Seni PAI tingkat kecamatan 2019, juara 3 MHQ Pekan Olahraga seni dan Pramuka se-Kabupaten Bekasi 2019, dan juara harapan 1 MHQ hifdzil Al-Qur’an tingkat kecamatan 2018.

“Memang belum banyak, tapi atas pencapaian ini menjadi motivasi bagi aku untuk terus berkembang dan lebih baik lagi dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an,” ucapnya.

Prestasi yang didapatkannya ini selalu ia persembahkan untuk kedua orangtuanya. Sebab dirinya bisa sampai di titik saat ini merupakan dorongan dan dukungan dari kedua orang tuanya.

“Semua ini aku persembahkan untuk kedua orangtua, aku bersyukur bisa diberikan ilmu-ilmu agama dari kedua orangtuaku saat ini,” pungkasnya. (dew)