Afif Ridwan, Motivator Pelaku UMKM yang Menempatkan Diri sebagai Partner

Afif Ridwan

RADARBEKASI.ID, BEKASI Afif Ridwan (15) merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kerap menjadi motivator ke sesama rekan seprofesinya di wilayah Bekasi.

Pemilik usaha Bandeng Rorod Oleh-oleh khas Bekasi ini mengungkapkan, dirinya bisa menjadi motivator berjalan secara alamiah. “Sebenarnya menjadi motivator itujalannya alamiah aja dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Rabu (18/1).


Awalnya, Afif-sapaan akrabnya- temannya yang tertarik dengan usaha kulinernya memintanya untuk memberikan motivasi dan arahan dalam berwirausaha. Sejak saat itu, dirinya kerap diminta oleh pelaku usaha lain untuk menjadi motivator.

Sampai pada 2017 berkat pengalamannya di bidang usaha, dirinya diminta oleh pemerintah untuk menjadi Pendamping Wirausaha Baru. Kemudian Afif juga diminta untuk menjadi koordinator pendamping UMKM Jabar Juara pada 2020.


Sebagai motivator Afif selalu menempatkan diri sebagai partner kepada pelaku usaha. Oleh karena itu, dirinya tak sekedar memberi pengalaman tetapi mendapatkan pelajaran.

“Saya selalu menempatkan diri saya sebagai seorang partner. Saya tidak pernah berpikir bahwa ilmu atau pengalaman saya lebih tinggi. Karena yang terjadi banyak wirausahawan yang lebih berkembang baik dari saya, jadi saya juga bisa belajar bukan cuman sekedar berbagi saja,” tuturnya.

Dalam memberikan motivasi kepada pelaku usaha, Afif menyampaikan beberapa hal. Mulai dari merubah mindset, motivasi berbisnis, dan memberikan kekuatan mental.

“Ketiga hal ini sangat penting dipelajari oleh para pelaku usaha. Karena cara berfikir pekerja dan wirausaha itu sangat berbeda,” ucap Afif.

Lebih lanjut dikatakan oleh pria yang memulai usaha kuliner pada 2011 ini, menjadi wirausahawan harus berani.

“Wirausahawan itu harus berani. Satu berani mengambil resiko dan tidak takut mengambil resiko. Karena usaha itu ada pasang surut, ketika gagal maka jangan takut untuk memulai kembali,” ucapnya.

Dalam berwirausaha, tegas Afif, mental nomor satu. Yang kedua barulah modal. “Mental yang utama, kalau modal usaha itu kedua. Ketika kita memiliki mental yang kuat, maka usaha apapun bisa dijalankan dengan fighting,” ucapnya.

Selain itu, terpenting konsisten dalam mengembangkan usaha. “Konsisten dengan produk unggulannya, jangan ikuti perkembangan kalau seperti itu susah juga untuk mengembangkan usaha,” pungkasnya. (dew)

BIODATA

Afif Ridwan

Lahir: Jakarta 8 Juli 1967

Pendidikan

– SDN Pondok Ungu 2 Medan Satria (1978)

– SMPN 1 Kota Bekasi (1981)

– STM Tubun Jakarta (1984)

Organisasi

– Ketua Pelajar Islam Indonesia Bekasi (1993-1984)

– Humas BMPS Kota Bekasi (2005-2009)

– Sekretaris MPP PAN Kota Bekasi (2005-2009)

– Ketua UMKM Makanan dan Minuman Kota Bekasi (2013-2023)

 

Karier

– Ketua Yayasan Baitul Muttaqin Kota Bekasi (2001-2010)

– Karyawan PT Sinar Sosro (1995-1996)

– Owner Lembaga Kursus Komputer Desain dan Percetakan (1997-2010)

– Owner Bandeng Rorod (2011-2023)