Berita Bekasi Nomor Satu

Belajar Tari Jaipong sejak SD

Tiara Putri Wiranata

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejak usia SD hingga kini, Tiara Putri Wiranata menggeluti Tari Jaipong. Kemampuan siswa berusia 15 tahun dalam menari tarian khas Jawa Barat ini tak perlu diragukan lagi.

Siswa SMKN 1 Cikarang Pusat ini menjelaskan, ketertarikannya mempelajari Tari Jaipong. “Saya belajar tari jaipong sejak kelas 2 SD sampai dengan sekarang. Saya tertarik dengan tarian ini karena merupakan tarian yang cukup terkenal di Jawa Barat,” ungkapnya.

Sejak SD, Tiara- sapaan akrabnya-kerap mengikuti sejumlah perlombaan Tari Jaipong. Sederet prestasi dalam bidang seni ini pun berhasil diraih oleh siswa ini.

Antara lain, juara 1 kategori lomba Pasanggiri Jaipong Tunggal 2018, juara 1 kategori SD Pasanggiri Jaipong Tunggal Ramayana Karawang 2018, dan juara 2 kategori Tunggal SD 2019.

“Saya SD aktif ikut lomba karena memang senang sekali dengan tarian tradisional ini, jadi setiap ada kesempatan selalu saya mau ikut,” jelasnya.

BACA JUGA: Manfaatkan Waktu Luang dengan Membaca

Namun saat ini dirinya jarang mengikuti perlombaan. Terakhir, Tiara mendapatkan juara 2 Pasanggiri Jaipong Se-Jawa barat DKI dan Banten 2021.

“Saya sekarang jarang ikut perlombaan karena sudah direkrut sebagai penari di Lembaga Swadaya Masyarakat Lodaya. Di sana jika ada event tampil menari saya diminta untuk mengisinya,” tuturnya.

Baginya, menggeluti Tari Jaipong bukan hanya sekedar berlatih dan mengikuti sejumlah perlombaan. Lebih dari itu, menari Jaipong sudah menjadi bagian dari dirinya.

“Sudah secinta itu saya dengan tarian Jaipong, karena saya bisa mendapatkan prestasi dan penghasilan dari menari,” terangnya. Ia mengaku akan terus menggeluti Tari Jaipong sebagai bentuk kontribusinya untuk melestarikan budaya Indonesia. (dew)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin