Berita Bekasi Nomor Satu

Siswa SD Tahfidz Yarqi Sukses Helat Pentas SPEKTA

FOTO BERSAMA: Sejumlah panitia dan dewan guru SD Tahfidz Yarqi foto bersama usai pelaksanaan Pentas Seni Pertunjukan dan Bakat Anak (SPEKTA) 2023, Sabtu (11/2). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI  Siswa SD Tahfidz Yarqi Kota Bekasi sukses menghelat Pentas Seni Pertunjukan dan Bakat Anak (SPEKTA) 2023 di sekolah yang berlokasi di Jalan Cendana Raya Mustikajaya Kota Bekasi, Sabtu (11/2). Kegiatan bertajuk “Heal The World” ini untuk memberikan pengalaman maupun pelajaran baru kepada peserta didik dalam menangani sebuah acara.

Humas SPEKTA 2023 Khairunnisa Hermawan menjelaskan, SPEKTA 2023 diisi oleh beberapa kegiatan. Antara lain, penampilan Tari Saman, Angklung, Drama, Kabaret, Domino Dance, Puisi, Pencak Silat, Sulap, Puisi Berantai, Dialog Presentation, dan Choir.

“Penampilan dalam SPEKTA 2023 diisi oleh siswa kelas 1, 2, 3, dan 4,” ujar Khairunnisa kepada Radar Bekasi, Senin (13/2).

Panitia SPEKTA 2023 melibatkan seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 26 orang dengan dibantu siswa kelas 6 serta guru. Khairunnisa mengungkapkan, pihaknya bersyukur acara ini dapat berjalan dengan sukses. Kesuksesan acara ini tak terlepas dari persiapan yang sudah dipersiapkan sejak November 2022.

“Kami semua sangat senang karena punya pengalaman dan pengetahuan baru,” ucapnya.

BACA JUGA: Disdik Kota Bekasi Larang Siswa Ikut Geng Motor

Sementara, Musik Arranger Khaila Almira Maritza Harahap menyampaikan, dalam menyusun konsep musikalisasi SPEKTA 2023 ini tidaklah mudah.  Membutuhkan waktu selama satu bulan untuk mempersiapkannya.

“Sebagai Musik Arranger saya merasa gampang-gampang susah untuk menyusun atau memilih lagu yang akan ditampilkan, tapi terasa mudah karena dibantu oleh guru-guru untuk memilih dan menyusun beberapa lagu yang akan ditampilkan,” ungkapnya.

Khaila sebagai salah satu panitia mengaku senang dan bangga dapat turut mensukseskan acara ini. “Rasa senang dan bangga pasti saya rasakan bersama teman-teman, karena ini merupakan pengalaman pertama buat kita. Jadi tambah ilmu dan belajar banyak hal dari program ini,” ucapnya.

Bidang Pengembangan Pendidikan SD Tahfidz Yarqi Kota Bekasi Ja’far Muhammad menambahkan, SPEKTA  merupakan program tahunan sekolah yang  sudah terlaksana pada 2019.

“Ini program tahunan sekolah yang sudah sempat kami selenggarakan di 2019, namun karena adanya pandemi kami setop dulu dan baru terlaksanakan kembali di 2023 ini,” katanya.

BACA JUGA: Minim Minat Kuliah, Hanya 28 Siswa Eligible Ingin Lanjutkan Pendidikan

Menurut Ja’Far, acara ini mayoritas ditangani oleh siswa kelas 5 dengan bantuan para guru. Hal ini dilakukan untuk melatih kemampuan dasar siswa dalam menangani sebuah acara.

“80 persen adalah peran siswa, 20 persen adalah peran guru di belakang dalam membantu siswa. Ini kita lakukan agar siswa memiliki pengalaman dan pelajaran baru dalam menghandle sebuah acara ataupun kegiatan,” terangnya.

Kepala SD Tahfidz Yarqi Kota Bekasi Nurul Aini mengungkapkan, rasa bangga kepada anak didiknya karena telah berhasil menyelenggarakan SPEKTA 2023.

“Tentu bangga dengan siswa yang telah berhasil menyelenggarakan program SPEKTA 2023 ini, karena memang tujuan kami adalah membuat siswa memiliki pengalaman serta pelajaran yang lebih di bidang keahlian mereka ,” ucap Nurul.

Pihak sekolah berharap program SPEKTA ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya untuk mengasah kemampuan siswa di bidang keahliannya masing-masing.

“Saya berharap program tahunan sekolah ini bisa berjalan terus, menggali potensi anak dan memberikan pengalaman berharga bagi mereka. Saya juga berharap dari pengalaman ini siswa lulusan sekolah bisa menjadi motor penggerak nanti bagi sekolahnya masing-masing,” pungkasnya. (dew/pms)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin