Berita Bekasi Nomor Satu

Kota Bekasi jadi Lokasi Pertama Roadshow IdenTIK 2023

SAMBUTAN: Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Boni Pudjianto sambutan saat roadshow IdenTIK di Kampus Binus @Bekasi, Selasa (7/3/2023). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kota Bekasi menjadi lokasi pertama pelaksanaan roadshow Kompetisi Seleksi Nasional Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) untuk 2023 yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Boni Pudjianto menjelaskan, IdenTIK merupakan program pengembangan dari ID UP, sebuah wadah kompetisi untuk mendorong munculnya potensi produk TIK karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia.

“IdenTIK dan AICTA adalah sarana sekaligus ajang kompetisi untuk mendorong pertumbuhan pelaku industri lokal serta tersedianya perangkat lunak dari pengembang lokal yang berkualitas dan siap bersaing pada kawasan ASEAN dan global,” jelas Boni saat roadshow IdenTIK 2023 di Kampus Binus @Bekasi, Selasa (7/3/2023).

Menurutnya, pelaksanaan kompetisi IdenTIK telah berjalan sejak 2019. Sejumlah 30 karya ditetapkan sebagai karya terpilih pada setiap tahunnya. Sejauh ini secara total selama penyelenggaraan kompetisi IdenTIK sudah menjaring sekitar 708 karya dari para peserta.

2023 merupakan tahun ke-5 pelaksanaan IdenTIK dengan mengusung tema Collaborate to Grow Stronger. Boni mengungkapkan, IdenTIK berupaya mengembangkan konsep kegiatan dan bertransformasi agar tidak hanya sebatas menjadi sebuah ajang kompetisi.

BACA JUGA: 5 Hari Lagi Fun Day Radar Bekasi Luwak White Koffie dan Pemkot Bekasi

Namun dalam prosesnya nanti, para karya terpilih juga berkesempatan untuk mendapatkan fasilitasi berjejaring dalam event-event berskala nasional/global yang sesuai untuk mendorong terjadinya kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait dalam upaya mengembangkan skala bisnis/pengembangan karya terpilih ke tahapan selanjutnya.

“Kami mengharapkan dari teman-teman yang membuat inovasi untuk segera mensubmit, ikut bergabung dalam kompetisi ini nanti dapat mengikutinya melalui website IdenTIK.id,” katanya.

Dikatakan, saat ini rangkaian kegiatan berada pada tahapan roadshow IdenTIK 2023, menjadi salah satu upaya mempromosikan dan mempublikasi kompetisi IdenTIK sekaligus menjaring para calon kandidat potensial bagi kompetisi IdenTIK.

“Kegiatan Roadshow ini dilaksanakan di beberapa kota diantaranya Kota Bekasi, Bandung dan Yogyakarta. Kota Bekasi menjadi lokasi pertama pelaksanaan Roadshow IdenTIK 2023,” katanya.

Boni menambahkan bahwa dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan menuju Masyarakat Cerdas 5.0, pemerintah Indonesia membutuhkan inovasi dan kreativitas para pengembang aplikasi. Revolusi Industri 4.0 memerlukan kesiapan infrastruktur digital yang handal dan inovasi teknologi yang mumpuni, sedangkan Masyarakat Cerdas 5.0 berfokus pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Program IdenTIK merupakan wujud nyata dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap ekosistem digital Indonesia dan menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan digital yang aman dan inovatif,” pungkasnya.

BACA JUGA: Menuju Indonesia Digital, BAKTI Kominfo Hadirkan Tol Langit

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri IdenTIK 2023 Prof Eko K Budiardjo mengatakan, kompetisi ini terbuka untuk semua orang. Tidak hanya terbatas pada mahasiswa melainkan juga kepada masyarakat umum hingga para pelaku usaha.

“Yang paling penting satu, punya produk yang benar-benar nyata baik software maupun hardware di mana hak ciptanya dimiliki oleh yang mengajukan,” katanya.

Terdapat enam kategori kompetisi dalam IdenTIK, yaitu Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Digital Inclusivity, Digital Start-up, dan Digital Innovation. Ada hal yang membedakan IdenTik 2023 dibandingkan sebelumnya.

“Kompetisi tahun ini kategori tetap 6. Yang membedakan, kita melakukan penajaman di tiga kategori dengan lebih menekankan kata-kata digital, karena sekarang kita ada di era digital, Revolusi Industri 4.0,” ujarnya. Tiga kategori yang dimaksud adalah Digital Inclusivity, Digital Start-up dan Digital Innovation.

Direktur Kampus Binus @Bekasi Gatot Soepriyanto menambahkan, dirinya berterimakasih karena kampusnya terpilih sebagai lokasi Kick Off IdenTIK 2023.

“Terimakasih atas kepercayaannya semoga ini bisa menjadi semangat baru untuk kita berkesinambungan menghasilkan inovasi yang baik menjadi Indonesia yang baik dan maju saat ini dan yang akan datang,” ungkapnya. (oke)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin