Berita Bekasi Nomor Satu

Dipadati Pengunjung di Momen Libur Lebaran, Situ Rawagede Tarik Wisatawan Lokal

WISATA AIR: Pengunjung bermain wahana air di Situ Rawagede Rawalumbu Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Momen libur lebaran dimanfaatkan warga untuk berlibur bersama keluarga. Ya, salah satunya tempat wisata air Situ Rawagede, yang terletak di Kelurahan Bojongmenteng, Rawalumbu, Kota Bekasi.

Di sana, warga bisa menikmati wahana air seperti sepeda bebek air, dan perahu rakit. Tidak hanya itu, pihak pengelola juga menyuguhkan wahana bermain anak dan flying fox.

Selain itu, para pengunjung juga dapat beristirahat di saung-saung yang terletak di bawah pohon rindang tepi danau. Tak hanya itu, pengunjung juga dimanjakan dengan deretan kuliner seperti pecak ikan, gabus pucung, bakso, dan kelapa muda.

Salah seorang warga asal Tangerang, Nendi Rahmat mengaku baru pertama kali mengunjungi Situ Rawagede setelah berkunjung ke rumah anaknya di Bekasi.

“Baru pertama kali ke sini, dari Tangerang. Kebetulan habis dari rumah anak di Bekasi terus kita kesini,” katanya

Hal senada juga disampaikan Ihsan warga asal Babelan. Ia mengatakan, lebih memilih Situ Rawagede sebagai alternatif untuk berlibur, selain murah fasilitasnya juga nyaman

“Ke sini saja kita ke situ rawagede, murah udah gitu enak tempatnya, pas dah kalau untuk wisata bareng keluarga,” bebernya

Sementara Ketua Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Situ Rawagede, Krisda menjelaskan, jumlah pengunjung pada libur Lebaran tahun ini melonjak signifikan dari hari biasanya.

Namun kata Krisda, pada H+5 lebaran sudah mulai ada penurunan pengunjung dikarenakan sebagian warga sudah mulai bekerja.

“Untuk saat ini, justru ada penurunan jumlah kunjungan dikarenakan faktor sudah ada beberapa yang mulai beraktivitas kerja kembali, kemungkinan lonjakan terjadi di weekend Sabtu dan Minggu,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Kamis (27/4).

Krisda menyebut sejak hari Lebaran, terhitung sudah ada lebih dari 3.000 warga yang berwisata di tempat ini. Namun untuk saat ini tinggal 500 warga setiap harinya.

“Perkiraan nanti paling akhir pekan naik lagi ya, soalnya libur Sabtu sampai Senin, May Day,” katanya

Pada H+3 lebaran jumlah pengunjung mengalami peningkatan 30 persen setiap harinya. Bahkan kata Krisda pengunjung yang datang bukan dari Kota Bekasi saja melainkan dari berbagai daerah seperti Jakarta, Karawang, dan Bandung.

“Lebaran tahun 2023 ini antusias para pengunjung masih terus berdatangan setiap harinya dari lebaran pertama sampai H+3 terus ada lonjakan pengunjung ada peningkatan sekitar 30 persen setiap harinya,” jelas Krisda

Untuk menampung lonjakan pengunjung, wisata yang dikelola oleh pemuda sekitar melakukan perluasan area sebelum Lebaran. Selain itu, pengelola wisata menyiapkan puluhan petugas untuk melayani dan membantu para pengunjung yang datang.

“Wisata Situ Rawagede Bojongmenteng menjadi alternatif masyarakat khususnya warga Kota Bekasi karena harganya sangat terjangkau baik dari tiket masuk dan wahana yang disediakan relatif murah. Di tambah di situ Rawagede KPPL ini kita memberikan pelayanan optimal kepada pengunjung mulai dari pintu masuk sampai dengan wahana kita dampingi juga,” tutur dia.

“Tiket masuk ini Rp 10 ribu per-orang, sedangkan tiket wahana mulai dari Rp 15-20 ribu. Kita ada penyesuaian harga dari sebelumnya karena harga bahan bakar sudah naik dan untuk biaya perawatan dan penataan selanjutnya demi keberlangsungan wisata lokal ini. Kemungkinan masih ada peningkatan karena mengingat masih banyak masyarakat yang mudik di lebaran ini. Jadi dipastikan setelah mereka kembali mereka akan berkunjung ke Situ Rawagede,” pungkasnya (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin