Berita Bekasi Nomor Satu

Sering Minum Air Dingin kala Cuaca Panas, Amankah bagi Kesehatan?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Cuaca panas yang melanda Indonesia belakangan ini sering menjadi fokus utama dalam topik perbincangan orang-orang. Pasalnya, cuaca panas tersebut terus mendorong masyarakat untuk mencari sumber pendinginan untuk membantu menjalankan aktivitas di tengah panasnya lingkungan.

Selain berdiam diri di dalam ruangan dengan penyejuk udara, minuman dingin juga sering menjadi pilihan utama dalam menyegarkan tubuh. Selain dapat menghilangkan rasa haus dengan cepat, air dingin juga dapat menjadi jalan pintas untuk mendinginkan hawa panas yang dirasakan tubuh. Namun apakah hal ini aman dan benar dalam kesehatan?

Efek Minum Air Dingin bagi Kesehatan

Sudah tidak dipungkiri lagi jika mengonsumsi air dingin memanglah nikmat dan dapat memberikan kesegaran dalam tubuh, tapi apakah ini benar-benar aman untuk kesehatan kita? Pada dasarnya, air dingin tetaplah air seperti pada biasanya, ini dikarenakan ketika air dingin masuk ke dalam tubuh ia akan melewati sistem pencernaan terlebih dahulu dan suhunya akan disesuaikan sampai akhirnya akan disebarkan ke seluruh tubuh.

Namun ini bukan berarti minum air dingin selamanya aman untuk tubuh, karena air dingin tetap bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering baik dalam cuaca panas atau normal, terutama jika Anda memiliki alergi pada suhu dingin.

Ini dikarenakan mengonsumsi air dingin dapat menyebabkan masalah pada saluran pernapasan. Suhu dingin yang disebabkan oleh air dingin bisa menyebabkan lendir di dalam trakea menjadi lebih tebal dan lebih sulit untuk udara dan makanan melewati saluran pernapasan.

Hal ini tentu bisa memperburuk kondisi tubuh, terutama jika Anda sedang mengalami panas dalam seperti batuk, flu, atau sakit tenggorokan yang merupakan penyakit umum dalam cuaca panas.

Risiko Minum Air Dingin saat Cuaca Panas

Jika berbicara secara umum, memang air dingin bukanlah sebuah hal yang harus Anda hindari pada saat menghadapi cuaca panas, namun ada beberapa risiko yang mungkin dapat terjadi jika Anda terlalu sering mengonsumsi air dingin, seperti:

  • Batuk; air dingin menyebabkan lendir di dalam saluran pernapasan kita menebal dan mengeras. Ini membuat tenggorokan menjadi terasa gatal dan akhirnya menyebabkan batuk.
  • Flu; karena suhu dingin yang disebabkan oleh air dingin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Meski tidak menyebabkan flu secara langsung, air dingin tentu bisa memperburuk kondisi dan menghambat proses penyembuhan.
  • Sakit tenggorokan; saat cuaca panas tubuh kita menjadi lebih rentan untuk terinfeksi panas dalam atau radang tenggorokan, dan mengonsumsi air dingin bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Ini dikarenakan air dingin dapat memperburuk iritasi yang sedang terjadi di tenggorokan, sehingga ini akan memperburuk dan memperlambat proses penyembuhan saat terinfeksi radang tenggorokan.

Minuman dingin dengan es batu di dalamnya juga perlu diperhatikan dari sisi kebersihannya. Harus dipastikan bahwa es yang kita minum berasal dari air yang matang/layak untuk diminum. Bila es batu tersebut berasal dari air mentah tentu saja akan mengandung banyak kuman penyakit yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, infeksi saluran nafas atas ataupun diare.

  • Sakit kepala; sering minum air dingin juga dipercaya dapat menyebabkan sakit kepala melalui sebuah penelitian melibatkan 669 wanita, terutama pada orang yang rentan terkena migrain/ nyeri kepala sebelah. Air dingin juga dapat mengganggu sensitivitas gigi Anda dan menyebabkan rasa ngilu yang bisa berujung menjadi sakit kepala.

Bagaimana Air yang Baik untuk Dikonsumsi?

Sebenarnya, semua jenis air putih baik untuk dikonsumsi baik dalam suhu apapun, namun air dengan suhu normal (16 hingga 25 derajat Celcius) atau sejuk adalah suhu terbaik untuk dikonsumsi. Air yang terlalu panas juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat menghadapi cuaca panas karena dapat mengurangi rasa haus ketika dehidrasi serta mengganggu kemampuan tubuh dalam menyeimbangi suhunya.

Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman dingin manis atau minuman dingin dengan nilai gula yang tinggi saat menghadapi cuaca panas. Ini disebabkan karena hal tersebut dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga memicu bakteri jahat yang ada di dalam tenggorokan kita untuk semakin bertambah dan akhirnya membuat tenggorokan terasa gatal dan sakit tenggorokan.

Selain itu, Anda mungkin juga ingin menghindari minum air dingin saat sedang pilek atau flu, atau jika Anda memiliki kondisi kronis tertentu di saluran pernapasan dan pencernaan, karena hal tersebut dapat meningkatkan proses peradangan sehingga semakin memperlambat proses penyembuhan. Tidak apa-apa untuk mengonsumsi air dingin sesekali, namun jumlah hariannya harus dibatasi ya! Mari sama-sama hadapi cuaca panas dengan bijak. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin