Berita Bekasi Nomor Satu

Siap-siap, Polres Metro Bekasi Bakal Berlakukan Tilang Manual Lagi

Ilustrasi kepolisian menegur pengendara yang diduga melanggar lalulintas di Kota Bekasi. Foto Ahmad Pairudz/radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Setahun sudah kepolisian tidak memberlakukan tilang manual. Rencana pemberlakuan tilang elektronik yang digadang-gadang Polri, tak kunjung dimulai. Sejumlah alasan, mulai sarana dan prasarana yang menjadi kendala tak kunjung diberlakukan tilang elektronik.

Tidak terkecuali di Kota Bekasi. Polres Metro Bekasi di bawah naungan Polda Metro Jaya pun hingga kini, belum memberlakukan tilang elektronik. Sejumlah pelanggaran pengendara lalulintas yang diketahui aparat kepolisian, hanya dilakukan penindakan dengan teguran dan imbauan.

Di sisi lain, kepolisian menilai teguran dan imbauan kepada pelanggar lalu lintas tidak efektif untuk menegakkan aturan berlalu lintas. Sehingga terkesan pelanggaran lalulintas tanpa sanksi yang menimbulkan efek jera.

BACA JUGA: Terapkan Tilang Elektronik, Polisi Tunggu E-Tilang Mobile

Belakangan, Kepolisian Polres Metro Bekasi berencana menegakkan aturan berlalulintas dengan kembali melakukan tilang manual kepada para pelanggar lalulintas.

“Nanti mulai kedepan kita akan berlakukan lagi penilangan secara manual. Anggota juga akan diberikan surat tilang,” ungkap Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Dani Hamdani saat mengawal pendaftaran caleg parpol di KPU Kota Bekasi, Senin (8/5/2023).

Kapolres menilai, penindakan tegas bagi para pelanggar lalu lintas rupanya tidak cukup dengan memberi imbauan dan teguran. Sehingga tindakan tegas bagi pelanggar lalulintas sangat diperlukan.

BACA JUGA: Tilang Manual Ternyata Masih Berlaku! Ini Wilayahnya

“Tadi (kemarin) pun saya melihat banyak pengendara yang tidak menggunakan helm, dan berboncengan bertiga. Saya yakin mereka masih anak sekolah dan tidak memiliki SIM,” imbuhnya.

Kapolres mengungkapkan, sebenarnya jika masyarakat patuh mengikuti imbauan, maka tidak akan diaktifkan lagi tilang manual. Tetapi, imbauan tidak cukup membuat masyarakat sadar terhadap keselamatan berkendara.

“Maka kita akan lakukan tindakan yakni tilang manual lagi. Untuk E-Tilang sampai saat ini masih kita pertimbangkan. Apabila sarana dan prasarana sudah siap akan sangat membantu kepolisan,” tandasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin