RADARBEKASI.ID, BEKASI – Guru perlu mengetahui capaian pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan mata pelajaran peserta didik.
“Guru perlu mengetahui capaian atau tujuan dari proses pembelajaran siswa. Capaian tersebut dapat disesuaikan dengan fase atau tingkat pendidikan mata pelajaran siswa,” ujar Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo kepada Radar Bekasi, Kamis (11/5).
Dikatakan Prawiro, guru perlu menyesuaikan metode pembelajaran. Dengan begitu proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan mudah.
“Sesuaikan metode pembelajaran dengan kondisi kelas, maka tujuan atau capaian dari proses pembelajaran dapat dijalankan dan disesuaikan dengan lebih mudah,” tuturnya.
BACA JUGA: Telkom University Tawarkan Beasiswa Keagamaan Bhinneka Tunggal Ika
Dalam mencapai tujuan pembelajaran, diperlukan sebuah inovasi. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus berinovasi terlebih di masa perkembangan teknologi yang sudah sedemikian pesat seperti sekarang ini.
“Tujuan atau capaian itu tidak terlepas dari inovasi yang dikeluarkan, jika guru berhenti berinovasi maka tujuan dan capaian itu sulit untuk didapatkan. Apalagi melihat perkembangan yang saat ini cukup pesat,” jelasnya.
“Berinovasi dan kreativitas itu sangat dibutuhkan, karena banyak hal yang perlu dipahami oleh guru,” tegasnya.
Menurutnya, tujuan pembelajaran biasanya dapat dilihat dari peserta didik yang mampu mengetahui, memahami, dan melakukan praktik baik ataupun mengenal pada suatu topik pembahasan. (dew)