Berita Bekasi Nomor Satu

Berikan Fasilitas Khusus Jemaah Lansia

AKSES MUDAH: Tahun ini petugas mempersiapkan kamar khusu bagi jamaah lanjut usia (Lansia) di Asrama Haji Bekasi. Kemarin mereka bersiap menyambut kedatangan JCH kloter pertama. SURYA BAGUS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Besarnya jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) lanjut usia (Lansia) menjadi perhatian petugas tahun ini, beberapa fasilitas disediakan khusus, mulai dari fasilitas wudhu, kamar tidur, hingga pijat refleksi.

Siang ini, Selasa (23/5) jemaah kloter satu dari Kabupaten Garut dijadwalkan tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta – Bekasi, disusul oleh kloter berikutnya dari Kabupaten Cianjur dua jam berselang.

Unit Pelayanan Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi mengatakan bahwa asrama haji sudah siap menyambut kedatangan JCH hari ini. Keseluruhan enam gedung dioperasikan pada masa haji tahun ini, khusus lansia prioritas menempati kamar di lantai dasar, dengan fasilitas penunjangnya seperti pendingin ruangan hingga toilet duduk.

Tidak jauh dari area kamar jemaah di lantai dasar, nampak barisan meja makan, ini juga khusus untuk lansia. Hal ini dipersiapkan agar para JCH lansia tidak perlu berjalan jauh.

“Kami prioritaskan untuk lansia semuanya berada di paling bawah, untuk kamar mandinya pun didesain untuk lansia,” kata kelapa UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta – Bekasi, Aep Saefuzamman, Senin (22/5).

Tahun ini, UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi juga menyediakan pusat kesehatan bagi Lansia. Selain klinik yang setiap tahun ada, kali ini ada pijat refleksi yang bisa diakses gratis oleh JCH Lansia.

Nampak telah disediakan kursi terapis, sepeda statis, hingga peralatan lain yang dapat dimanfaatkan JCH selama berada di Asrama Haji Bekasi.

Lebih lanjut kata Aep, tahun ini persiapan JCH mulai dari kegiatan seremonial setelah JCH tiba di asrama, pemberian paspor, visa, hingga Living Cost dilaksanakan setibanya JCH di asrama. Setelah itu, JCH bisa beristirahat hingga waktu pemberangkatan ke bandar udara.

“Untuk calon jemaah haji di Bekasi itu (jumlahnya) sekitar 29.657 calon jemaah, petugas ada 579, terbagi ke dalam 72 kloter,” tambahnya.

Aep menghimbau seluruh JCH Provinsi Jawa Barat yang akan berangkat dari Asrama Haji Bekasi untuk mentaati semua ketentuan, salah satunya ketentuan penerbangan. Ia menyebut bahwa seluruh JCH telah diberikan edukasi, termasuk barang-barang yang dilarang.

Jika tidak, hal ini akan menyulitkan JCH yang bersangkutan, bahkan JCH lainnya.

“Untuk jemaah Jawa Barat sudah mendapatkan edukasi, disosialisasikan di tingkat daerah untuk ditaati. Kepada jemaah haji Jawa Barat jangan melakukan pelanggaran atau membawa barang-barang yang dilarang oleh maskapai, itu nanti akan menyulitkan ketika nanti di embarkasi,” tambahnya.

Sesuai Jadwal, kloter pertama dari Bekasi akan memasuki asrama haji lusa, 25 Mei 2023 petang. Total jemaah yang tergabung di kloter lima ini sebanyak 472 orang. (sur)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin