Berita Bekasi Nomor Satu

Mubes dan Reuni Akbar IKA Ubhara Jaya Segera Digelar

FOTO BERSAMA: Alumni Ubhara Jaya foto bersama setelah rapat pembentukan kepanitian Mubes dan Reuni Akbar ke-1 IKA Ubhara Jaya di Auditorium Ubhara Jaya Kampus II Bekasi, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Musyawarah Besar (Mubes) dan Reuni Akbar ke-1 Ikatan Alumni Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (IKA Ubhara Jaya) 2023 segera digelar. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 15 Juli 2023 di Auditorium Ubhara Jaya.

Ketua Pelaksana Mubes dan Reuni Akbar ke-1 IKA Ubhara Jaya, Maizal Alfian, menjelaskan perjalanan singkat tercetusnya kegiatan tersebut. Menurutnya, perwakilan alumni Ubhara Jaya lintas generasi, angkatan, fakultas dan program studi pada awal 2020 sudah mulai melakukan beberapa kali pertemuan untuk menyatukan pikiran dan rasa yang sama antar alumni. Sehingga tercetus lah ide gagasan serta komitmen tentang pentingnya membentuk wadah organisasi alumni Ubhara Jaya.

Dari situ, para alumni Ubhara Jaya yang tergerak sering melakukan berbagai kegiatan sosial diantaranya saat awal pandemi 2020, alumni Ubhara Jaya menyerahkan bantuan sembako untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19, membagikan sembako untuk ojol di depan kampus hingga masker serta kebutuhan lainnya.

Lalu pada Mei 2021, alumni Ubhara Jaya melakukan agenda buka puasa bersama dan santunan bagi 120 anak yatim di Pekayon Bekasi Selatan Kota Bekasi. Selanjutnya alumni Ubhara Jaya berkolaborasi dengan BEM Ubhara Jaya menyelenggarakan kegiatan Open Donasi Korban Gempa Cianjur pada  November 2022.

Dari berbagai kegiatan sosial yang sudah dilakukan, para perwakilan alumni Ubhara Jaya diminta untuk bertemu pihak kampus dalam membentuk wadah organisasi alumni Ubhara Jaya yang satu dan solid serta bisa berkolaborasi hingga berkontribusi untuk Ubhara Jaya.

Tepatnya pada 18 Desember 2022 perwakilan alumni Ubhara Jaya difasilitasi pihak Ubhara Jaya untuk berkumpul dalam membentuk kepanitiaan Mubes dan Reuni Akbar IKA Ubhara Jaya dengan mengundang seluruh alumni  baik yang saat ini aktif sebagai staf dan dosen kampus Ubhara Jaya hingga alumni yang berkarir di luar.

“Dan akhirnya terpilih lah saya Maizal Alfian Fasilkom Ubhara Jaya 2007 sebagai Ketua Panitia Pelaksana Mubes Ubhara Jaya, Rachmawati FH Ubhara Jaya 2011 sebagai Sekretaris Pelaksana dan Nia Septiani Fikom Ubhara Jaya 2007 sebagai Bendahara Pelaksana,” jelas Alfian.

BACA JUGA: Ubhara Jaya Gelar Kuliah Umum Memperingati HANI 2023, Hadirkan BNN dan Granat

Menurut Alfian, kegiatan ini memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, meningkatkan silaturahmi antar alumni Ubhara Jaya dari berbagai generasi, prodi, dan profesi sehingga bisa merajut kebersamaan dalam membesarkan alumni Ubhara Jaya beserta isinya. Kedua, alumni Ubhara Jaya bisa membentuk dan mengorganisir seluruh alumni sebagai suatu organisasi IKA Ubhara Jaya yang ideal sehingga dapat berkontribusi ke kampus hingga bangsa dan bernegara.

Sampai saat ini, kesiapan pelaksanaan Mubes dan Reuni Akbar IKA Ubhara Jaya sudah mencapai 75 persen. Panitia pelaksana akan lebih intens bertemu untuk mempersiapkan lebih baik, walaupun agenda ini adalah yang pertama kali.

Partisipasi alumni Ubhara Jaya yang akan hadir dikenakan biaya kontribusi sebesar Rp50 ribu per orang termasuk nasi box, snack box, dan souvenir (diberikan saat kehadiran). Batas akhir pembayaran pada Jumat, 7 Juli 2023 pukul 23.30 WIB, agar panitia bisa mempersiapkan kebutuhan sesuai jumlah peserta yang akan hadir. Alfian menjelaskan soal tidak dilibatkannya sponsor dalam kegiatan ini.

“Karena kami para alumni Ubhara Jaya sudah memiliki alumni yang tersebar dari berbagai latar belakang profesi yang bermacam ragam diantaranya kejaksaan, kepolisian, pengusaha, ASN, politisi, pengamat, jurnalis hingga penggiat sosial. Dan kami ingin para Alumni Ubhara Jaya lebih merasa memiliki organisasi IKA Ubhara Jaya dan bertanggung jawab merawat hingga membesarkan organisasi beserta isinya,” tuturnya.

Adapun Mubes nanti akan membahas beberapa agenda. Diantaranya, pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Peraturan Organisasi dan Pemilihan Ketua Umum IKA Ubhara Jaya sekaligus ramah tamah alumni. Puluhan alumni telah konfirmasi kehadiran dalam kegiatan ini.

“Sampai saat ini sudah ada 70an alumni Ubhara Jaya yang terkonfirmasi akan hadir mensukseskan Mubes dan Reuni Akbar ke-1 IKA Ubhara Jaya dan panitia akan tetap melakukan sosialisasi agar lebih banyak alumni Ubhara Jaya yang hadir dan berpartisipasi mensukseskan agenda perdana ini,” pungkasnya. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin