Berita Bekasi Nomor Satu

Ubhara Jaya Gelar Kuliah Umum Memperingati HANI 2023, Hadirkan BNN dan Granat

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar Kuliah Umum bertema, “Peran Mahasiswa dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dengan Pendekatan Berbasis Kekinian.” ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar Kuliah Umum bertema, “Peran Mahasiswa dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dengan Pendekatan Berbasis Kekinian.” Menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Gerakan Anti Narkoba (Granat), acara ini berlangsung dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI 2023) di Auditorium Ubhara Jaya  Graha Tanoto, Kampus 2 Bekasi, Selasa pagi (27/6/2023).

Sebagai pengelola pendidikan tinggi, komitmen Ubhara Jaya tercermin dari berbagai langkah nyata yang dilakukan terkait pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus.

“Sudah tujuh tahun ini, setiap mahasiswa yang akan mendaftar disini, wajib di test urine untuk memastikan diri bebas narkoba. Tidak hanya bagi mahasiswa, setiap pegawai yang akan bekerja disini pun, diterapkan hal yang sama,” jelas Rektor Ubhara Jaya,  Bambang Karsono, dalam keterangan resminya.

Berbagai pencapaian yang diraih, terkait upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika ini antara lain.

“Di masa pandemi pada 2020 lalu, Ubhara Jaya mencatatkan Rekor MURI Deklarasi Anti Narkoba yang melibatkan 5.923 mahasiswa. Selain itu Ubhara Jaya juga memiliki Satuan Tugas (Satgas) berupa Unit Khusus Gerakan Anti Narkoba (Granat) yang anggotanya terdiri dari mahasiwa yang melakukan berbagai kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus. Kami bertanggungjawab terhadap masa depan anak-anak dan dunia pendidikan di Indonesia agar tidak terjadi loss generation atau generasi yang hilang akibat penyalahgunaan narkotika,” lanjut Rektor Ubhara Jaya.

Anggota Dewan Pertimbangan Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol (Purn), Togar M Sianipar, mengatakan saat ini penyalahgunaan narkotika di kalangan usia produktif sangat memprihatinkan.

BACA JUGA: Belum Semua Perguruan Tinggi di Bekasi Bentuk Satgas PPKS

Setiap harinya ada lebih dari 30 orang meninggal dunia karena narkoba. Agar Indonesia tidak terancam kehilangan satu generasi, maka upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika tidak bisa berjalan terpisah.

“Kita tidak bisa bekerja secara parsial, harus ada komitmen bersama yang melibatkan semua pihak, misalnya antara BNN dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dari sisi dunia pendidikan. Kita tentu tidak ingin kehilangan satu generasi dalam membangun bangsa. Mau dibawa kemana pembangunan bangsa ini jika kita kehilangan satu generasi,” ucap Togar M. Sianipar.

Sementara itu Ketua Umum DPP Granat, Prof Henry Yosodiningrat dalam sesi kuliah umum ini mengatakan semua pihak ingin menyelamatkan generasi muda saat ini melalui upaya pencegahan yang diharapkan akan lebih jauh efektif berdampak dari upaya penindakan.

“Jika kita berhasil melindungi diri, mau dibujuk atau dikasih gratis juga tidak akan terjadi penyalahgunaan narkotika,” jelas Henry.

Kuliah Umum dirangkai dengan peluncuran Program Granat Goes to Campus dan situs kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa Granat yang ada di Ubhara Jaya. Ubhara Jaya menjadi kampus pertama dari program yang direncanakan akan berjalan di perguruan tinggi di seluruh Indonesia. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin