Berita Bekasi Nomor Satu

Minta Hujan, Siswa Sekolah Baiturrahman Salat Istisqa

DENGARKAN KHUTBAH: Ratusan siswa dan guru SDIT-SMPIT Baiturrahman mendengarkan khutbah sebelum melaksanakan salat Istisqa di halaman sekolah, kemarin. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI  – Menyikapi musim kemarau yang masih berlanjut hingga kini, ratusan siswa sekolah Baiturrahman jenjang SDIT-SMPIT melaksanakan salat Istisqa di halaman sekolah, Senin pagi (2/10).

Sebelum melakukan salat, guru terlebih dahulu mengajarkan niat dan tata cara salat Istisqa kepada para siswa. Lalu diteruskan dengan zikir Al Matsurat yang diikuti seluruh siswa dan guru. Sesaat setelahnya, mereka melakukan salat meminta hujan secara berjamaah yang dipimpin oleh Ustaz Irwan Trianto.

Terlihat, ratusan siswa dan guru khusuk melaksanakan rangkaian salat. Selain salat Istisqa berjamaah, pada Senin kemarin pihak sekolah meminta kepada seluruh siswa untuk puasa sunah. Ya, pendidikan tauhid terus diajarkan oleh sekolah yang berada di Jalan Pulau Sumbawa Nomor 7 Aren Jaya Perumnas III Bekasi Timur ini.

Dalam khutbahnya, Irwan mengajak kepada seluruh warga sekolah khususnya dan seluruh masyarakat Bekasi umumnya agar menyadari kondisi dan fenomena yang terjadi pada bangsa dan negara saat ini. Akibat kemarau panjang, menyebabkan kekeringan, kabut asap, kebakaran hutan, gagal panen, dan lain-lain.

“Dalam momentum musibah kemarau yang panjang ini, hendaknya kita semua senantiasa bertaubat kepada Allah. Tak hanya itu, kita juga harus mengevaluasi diri atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan baik terhadap sesama manusia atau kepada lingkungan,” kata dia.

BACA JUGA: Ratusan Pegawai Pemkab Bekasi Laksanakan Salat Istisqa

Menurutnya, dengan taubatan nasuha, diharapkan Allah akan mengampuni semua dosa dan memberikan berkah dan rahmatnya yang diturunkan dari langit dan bumi.

”Terutama Allah berikan hujan yang dipenuhi rahmat dari Allah Subhanahu Wata’ala,” imbuhnya.

Sementara, Kepala SDIT Baiturrahman, Muhammad Syahrizal, menambahkan selain meminta hujan, pelaksanaan Salat Istisqa sekaligus sebagai ajang edukasi kepada siswa. Tidak hanya edukasi secara teori tapi juga praktik langsung sehingga mudah diingat siswa.

“Tujuan salat ini adalah meminta hujan, semoga doa anak-anak ini diijabah. Amin,” ucapnya.

Senada, wali kelas IV A SDIT Baiturrahman Yatiek Nasman, menambahkan salat istisqa perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Sehingga siswa bisa memahami bahwa jika kemarau panjang merupakan salah satu ujian dari Allah bagi orang-orang beriman.

“Selain bisa tau tata cara salat Istisqa, diharapkan siswa mendapatkan pendidikan tauhid,” tandasnya. (mif)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin