Berita Bekasi Nomor Satu

Menjaga Eksistensi Batik Bekasi

ILUSTRASI: Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) batik ketika menjalankan produksi secara manual. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023 sekaligus menjadi pengingat perjalanan Batik Bekasi yang kini mulai banyak dikenal masyarakat luas.

Ketua Koperasi Komunitas Batik Bekasi, Adi Yunsyah

mengatakan Batik Bekasi kini sudah banyak digunakan oleh aparatur daerah dan siswa di masing-masing sekolah.

“Motif Batik Bekasi sudah banyak digunakan oleh aparatur dan juga anak-anak di sekolah,” jelasnya.

Namun demikian untuk mempertahankan eksistensi dan bisa diterima pasar, Batik Bekasi harus tetap mengedepankan kualitas khususnya pada kualitas bahan.

“Motif batik ini tidak kalah dengan motif batik Nusantara, tapi memang untuk mempertahankan dan bisa diterima oleh pasar, batik Bekasi ini harus memperbaiki kualitas khususnya pada jenis pemilihan bahan,” tuturnya.

Diketahui saat ini terdapat 12 pakem Batik Bekasi yang mewakili flora dan fauna, dimana saat ini terus didorong lahirnya beragam motif khas Bekasi.

“Dari 12 pakem kami melahirkan berbagai model dan motif yang mewakili unsur flora dan fauna, mungkin kedepan tidak menutup kemungkinan diambil dari aspek sejarah,” jelasnya.

Menurutnya memakai batik merupakan bagian dari melestarikan budaya Indonesia, dimana dibutuhkan sosialisasi lebih lanjut untuk lebih memperkenalkan batik khas Bekasi.

“Masih dibutuhkan sosialisasi dan pendistribusian untuk lebih memperkenalkan batik khas ini,” jelasnya.

Dia juga menceritakan perjalan Batik Bekasi yang awalnya di deklarasi Komunitas Batik Bekasi (Kombas). Deklarasi pada 3 januari 2011 itu menjadi awal pergerakan memperkenalkan hadirnya batik khas Bekasi oleh seluruh mahasiswa di Kota Bekasi.

Deklarasi dengan dukungan tanda tangan dari masyarakat untuk mendorong Batik Bekasi segera dipatenkan.

Pada tanggal 4 Juni 2012 dilaksanakan pra launching Batik Bekasi untuk mengenalkan motif Batik Bekasi kepada masyarakat secara umum, dan pada tanggal 9 Maret 2014 dilaksanakan launching Batik Bekasi.

“Alhamdulillah penerimaan batik khas Bekasi bagus direspon oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin