Berita Bekasi Nomor Satu

Kawan Difabel Dapat Pembekalan Keterampilan Kerja dan Literasi Keuangan

Program “Berbagi dalam Sunyi” mengajak nasabah untuk datang ke kantor-kantor Cabang tertentu Danamon, membeli minuman dari Kopi Sunyi seharga hanya Rp1 dengan menggunakan QRIS D-Bank PRO di mana nasabah Danamon otomatis berdonasi sebesar Rp30.000 bagi kawan-kawan difabel yang membutuhkan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui D-Bank PRO #SelaluMenggoda bersama program Corporate Social Responsibility (CSR) Danamon Peduli bekerja sama dengan Sunyi Academy, secara resmi membuka rangkaian program Pelatihan Kelas Barista & Magang bagi kawan difabel sebagai bagian dari program “Berbagi dalam Sunyi”.

Diadakan di Danamon KCP Jakarta Kelapa Gading I, acara ini dihadiri oleh sepuluh orang peserta batch pertama program ini, dan Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan Yo Renno Widjaja, salah satu Co-Founder dari Kopi Sunyi dan Sunyi Academy sebagai pembicara.

Terbagi menjadi empat angkatan (batch), rangkaian pelatihan dan magang ini selanjutnya akan diadakan juga di Kantor Cabang Danamon Kebon Jeruk Intercon pada 21 November 2023, Kantor Cabang Danamon Jakarta Matraman pada 22 Januari 2024, serta di Kantor Cabang Danamon Bekasi Juanda pada 26 Februari 2024.

Selama mengikuti pelatihan, para peserta akan mempelajari berbagai macam teknik menjadi barista dan pengenalan berbagai macam karakter kopi dari Sunyi Academy, serta literasi finansial dari relawan Danamon, dengan fokus terhadap pengelolaan keuangan usaha yang baik.

Setelah mengikuti program Berbagi dalam Sunyi, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat dan kesempatan untuk menjalani program magang di Sunyi Coffee selama satu bulan. Didirikan oleh empat founders muda Mario Gultom, Almas Nizar, Yo Renno Widjaja, dan Fernaldo Garcia di 2019, Sunyi Coffee sudah memiliki tiga cabang di Jakarta dan sekitarnya, dan secara penuh dijalankan oleh kawan difabel sebagai barista dan juru masak.

Inisiatif ini sejalan dengan visi Danamon, yaitu untuk “Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan,” di mana Danamon merasa perlu untuk turut berkontribusi dalam upaya-upaya inklusi kaum difabel, mengingat masih banyaknya kawan difabel di Indonesia yang belum mendapatkan pekerjaan yang layak untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Menilik data yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), terdapat setidaknya 22,97 juta kawan difabel yang tersebar di berbagai kawasan di Indonesia. Sementara itu hanya sekitar 7,6 juta terserap di sektor formal dan non formal.

“Danamon sangat mendukung pelaksanaan kegiatan pelatihan untuk kawan difabel yang dijalankan oleh Sunyi Academy. Dengan tema besar “Literasi Keuangan untuk Semua”, Danamon memberikan pelatihan mengenai literasi finansial kepada kawan difabel sehingga nantinya mereka mampu mengelola keuangan dengan lebih baik sembari belajar mengenai teori kopi dan teknik menjadi barista yang handal,” ujar Andreas.

Menurutnya, program menjalankan literasi dan inklusi keuangan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan perbankan, serta mendorong praktik perbankan yang inklusif di seluruh lapisan masyarakat.

“Pembekalan literasi finansial yang diberikan oleh Danamon mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, produk keuangan, dan menjadi bijaksana dalam penggunaan keuangan,” jelasnya.

Sementara, Yo Renno Widjaja, mengatakan pihaknya senang sekali dapat dipertemukan dengan Danamon, yang ingin membantu teman-teman disabilitas. Ia menyadari bahwa pihaknya membutuhkan banyak bantuan dari berbagai sektor, salah satunya sektor keuangan, untuk dapat bersama-sama membantu mengembangkan teman-teman dari komunitas tuli.

“Semoga pelatihan-pelatihan ini dapat menjadi bekal teman-teman difabel dalam mempersiapkan diri masuk ke dalam dunia profesional. Mungkin ini dimulai dari langkah yang kecil, tapi kami berharap semakin lama akan menjadi langkah yang semakin besar dan akhirnya menjadi loncatan yang dapat mengubah dunia,” ujar Yo Renno.

Rangkaian program Berbagi dalam Sunyi ini mulai dimulai pada 30 Oktober 2023 dengan program donasi di mana nasabah Danamon dapat membeli kopi di booth Kopi Sunyi di KCP Jakarta Kelapa Gading 1 dan KCP Jakarta Pondok Indah Mall seharga hanya Rp1 dengan menggunakan QRIS D-Bank PRO, nasabah Danamon otomatis berdonasi sebesar Rp30.000 bagi kawan-kawan difabel yang membutuhkan.

Program donasi Bersama D-Bank PRO #SelaluMenggoda ini juga tengah berlangsung di KC Jakarta Usman Harun dari 13 hingga 17 November 2023, dan KC Jakarta Matraman dari 14 hingga 16 November 2023. Dana yang terkumpul dari program donasi inilah yang digunakan untuk mendukung keseluruhan pelaksanaan rangkaian Pelatihan Kelas Barista & Magang hingga April 2024. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin