Berita Bekasi Nomor Satu

Umat Hindu Gelar “Bhoga Sevanam” di Sukatani  

Puluhan umat Hindu membagikan makanan gratis bagi pengendara di sekitar Pura Parahyangan Agung Jagatnatha Pasundann Desa Sukahurip Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi, pada Minggu (7/4/2024). ARIESANT/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puluhan umat Hindu menggelar “Bhoga Sevanam” atau pembagian makanan gratis di sekitar Pura Parahyangan Agung Jagatnatha Pasundann Desa Sukahurip Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi, pada Minggu (7/4/2024).

Pembagian makanan bagi umat muslim untuk berbuka puasa ini dilakukan serentak secara nasional oleh Pura se-Indonesia dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi 2024 Tahun Saka 1946. Tujuanannya menggugah rasa persaudaraan, kemanusiaan, dan toleransi antar umat beragama.

Ketua Pengurus Pura Parahyangan Agung Jagatnatha Pasundan, I Gede Artawan mengatakan sebanyak 200 nasi box dibagikan ke pengendara dan warga sekitar pura. Kegiatan berbagi makanan untuk berbuka puasa itu dinamakan Bhoga Sevanam.

BACA JUGA: Jasa Sewa iPhone Laris Manis Jelang Lebaran  

“Untuk menjaga toleransi antar umat beragama serta pengamalan salah satu nilai keagamaan Hindu yaitu Tri Hita Karana. Dimana di dalamnya tercantum bagaimana kita menjaga hubungan baik antar sesama umat manusia,” ucap I Gede Artawan kepada Radar Bekasi, Minggu (7/4/2024).

Menurutnya, berbagi makanan yang dilakukannya secara rutin selama bulan Ramadan ini juga merupakan bentuk ajaran Yandnya, yang dalam kitab Veda berarti pengorbanan dengan memberi dan berbagi secara tulus ikhlas kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami umat Hindu berharap keberadaan kami di sini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar lingkungan Pura,” tandasnya. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin