Berita Bekasi Nomor Satu

Cegah Penuaan Dini, Konsumsi 5 Makanan Ini

RADARBEKASI.ID, BEKASI– Terjadinya penuaan dini kerap muncul sekitar usia 30 tahun ke atas, hal tersebut ditandai dengan adanya kerutan, kulit kering, kulit kendor, dan rambut rontok. Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, penuaan dini juga disebabkan karena sering merokok, mengonsumi alkohol, asupan nutrisi tak seimbang, radiasi sinar matahari, polusi, dan sebagainya.

Penuaan dini dapat dicegah dengan berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, membersihkan kulit wajah, mengelola stress, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, menghindari rokok dan alkohol, serta menjaga pola makan yang sehat.

Dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, ada 5 makanan yang wajib dikonsumi untuk mencegah terjadinya penuaan dini sehingga memasuki usia 30 tahun anti akan kerutan.

BACA JUGA: 4 Tips Mendapatkan dan Menjaga Kurma Berkualitas dan Layak Konsumsi

1. Buah-buahan seperti pepaya, alpukat dan delima karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Serta ada kandungan serat, kalsium, fotasium dan magnesium yang terdapat pada buah pepaya.

2. Jenis kacang-kacangan seperti walnut dan almond. Kandungan pada kedua makanan tersebut terdapat antioksidan yang cukup tinggi untuk menangkal radikal bebas, kadar protein, dan kalsium yang tinggi.

3. Minyak sehat seperti virgin coconut oil dan olive oil. Keduanya memiliki kandungan gizi yang hampir sama karena menghasilkan asam lemak tak jenuh, sehingga dapat mengontrol asupan lemak pada tubuh.

BACA JUGA: 3 Manfaat Kuliner Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

4. Sayuran seperti selada air, brokoli, dan bayam. Karena dari ketiga jenis sayuran tersebut banyak mengandung protein dan sangat cocok juga bagi yang sedang menjalankan diet.

5. Cokelat hitam, makanan yang sudah hadir sejak 2000 SM ini memiliki banyak kandungan kakao dibanding dengan jenis coklat lainnya. Manfaatnya untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

Jadi untuk ke-5 jenis makanan ini sangat mudah didapatkan sehingga bisa membantu untuk dikonsumsi dalam rangka mencegah penuaan dini. Selain itu juga dapat mengurangi risiko-risiko penyakit yang berbahaya.

BACA JUGA:4 Manfaat Kesehatan Konsumsi Durian

Melihat fenomena saat ini banyak sekali anak muda yang tampak lebih tua dibanding usianya dan rentan terkena penyakit berbahaya, karena disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup tidak teratur. Maka perlunya mencegah mulai dari sekarang, bukan untuk mendahulukan penampilan semata. Melainkan demi menekan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit berbahaya.

Selain menjaga kesehatan fisik, mental pun sangat berpengaruh untuk mencegah penuaan dini. Banyak riset yang mengatakan bahwa semakin buruk mengelola stress maka tubuh juga akan terlihat lebih tua.

Kurangi hal-hal yang dapat menyebabkan berpikir secara berlebihan, stress diluar kendali, dan sulit mengelola emosi yang keluar ketika hal buruk sedang terjadi. Konsumsi makanan sehat, konsultasikan segera kepada pihak medis ketika hal buruk terjadi, dan rutin melakukan kegiatan yang bisa menyembuhkan fisik maupun mental.


Solverwp- WordPress Theme and Plugin