Berita Bekasi Nomor Satu

3 Manfaat Kuliner Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Petugas menata cabai di salah satu ritel modern. (Salman Toyibi/Jawapos)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tidak selalu makanan pedas dapat mengundang penyakit. Bila dikonsumsi sesuai takaran dan tidak berlebihan, makanan pedas tetap baik bagi penikmatnya. Bahkan, ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Di kawasan Asia, termasuk Indonesia, diketahui memiliki banyak ragam kuliner dengan cita rasa pedas. Dari Sabang sampai Merauke, banyak kuliner pedas dari setiap daerah masing-masing dan kerap jadi penganan khasnya tersendiri.

Tak heran, jenis makanan dengan rasa pedas memiliki banyak penggemar. Bahkan ada yang sampai rela tak jadi makan kalau makanan yang dihidangkan tidak pedas. Kurang sedap katanya.

BACA JUGA: Hiling-Hiling dan Wisata Kuliner Bernuansa Bali di Bekasi, Cek Tempat Ini 

Selain karena rasa, mengonsumsi makanan pedas ternyata juga memiliki banyak manfaat. Asal sesuai takaran dan tidak berlebihan tentunya.

1. Turunkan Resiko Hipertensi

Penelitian menunjukkan makan makanan pedas menurunkan risiko 26 persen lebih rendah terkena hipertensi. Ini merupakan hasil penelitian di European Journal of Nutrition pada 2019.

Rasa pedas sendiri biasanya didapat dari cabai. Kandungan capsaicin dalam cabai merupakan senyawa antioksidan yang menempel pada reseptor yang mengirimkan sinyal pedas ke otak.

BACA JUGA: Usaha Kuliner Makin Diminati 

Capsaicin terdapat pada bagian inti cabai. Itu sebabnya banyak orang yang membuang inti cabai dengan bijinya untuk mengurangi rasa pedas pada masakan.

Nah, capsaicin yang merupakan senyawa pemberi rasa pedas pada cabai, dapat membantu melawan hipertensi yang disebabkan karena makan makanan tinggi garam.

2. Kesehatan Jantung

Memakan makanan pedas juga bisa membuat kamu berkeringat. Hal ini baik untuk kesehatan jantung.

BACA JUGA: Sentra Wisata Kuliner Kota Bekasi Hanya Dua Titik Aktif 

Sehingga, makanan pedas bisa meningkatkan jantung sehat. Molecular Nutrition & Food Research menemukan hubungan baik antara makanan pedas dan penurunan kematian akibat penyakit jantung.

3. Memperbaiki Mood

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas juga diketahui bisa memperbaiki mood dan mengatasi mood swing atau mood yang naik turun.

Perubahan suasana hati atau istilah asingnya mood swing adalah sesuatu hal yang normal terjadi dan bisa menimpa siapa saja.

Apabila tidak sampai mengganggu kehidupan sehari-hari dan aktivitas kerja, mood swing biasanya bisa mereda dengan sendirinya tanpa perlu ada perawatan khusus. Termasuk bisa diobati dengan mengkonsumsi makanan pedas. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin