Berita Bekasi Nomor Satu

Elon Musk Izinkan Peredaran Konten Dewasa di X, Orang Tua Diminta Tingkatkan Pengawasan

Bos Twitter dan Tesla, Elon Musk. (Istimewa)

RADARBEKASI.ID, CALIFORNIA– Elon Musk merilis kebijakan kontroversial di plarform X. Dalam pernyataannya, Musk mengatakan bahwa konten dewasa diperbolehkan diunggah di platform miliknya tersebut. Meski begitu, dia menekankan bahwa terdapat sejumlah ketentuan yang pelu dipenuhi, salah satunya harus mencantumkan label not Safe For Work (NSFW).

Label NSFW itu berlaku untuk semua jenis tulisan, gambar maupun bentuk visual. Perlu diingat pula, meski platform X memperbolehkan konten dewasa, tetapi pengguna aplikasi X dari kalangan anak-anak tidak bisa mengaksesnya. Sebab, setiap akun pengguna harus mencantumkan profil kelahiran. Selain itu, X melarang mempromosikan eksploitasi, seksualitas yang membahayakan anak, objektifitas dan perilaku cabul.

Terlepas dari itu, kebijakan kontroversial itu tentu menuai pro kontra, karena dianggap sangat berani dibandingkan dengan platform lain seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube. Karena X tidak ada batasan dalam perizinan mendistribusikan konten dewasa. Dengan demikian aplikasi X dianggap tidak aman bagi semua orang, terutama kalangan orang tua yang memiliki anak-anak.

BACA JUGA:Valuasi Twitter Anjlok, Elon Musk Warning Karyawan Soal Kebangkrutan

Laman Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Gunung Kidul melansir beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua untuk mengantisipasi anak-anak mereka kecanduan konten dewasa.

1. Buat aktivitas bersama anak

Banyaknya luangan waktu bisa membuat anak bereksplorasi sendiri. Bagi anak yang sudah pernah menonton mereka akan penasaran dan mulai mencari kembali tontonan tersebut. Aktivitas bisa membantu mengalihkan pikiran untuk lebih positif.

2. Memberikan seks edukasi sejak dini

Bisa dimulai oleh para orang tua memperkenalkan anggota tubuh yang boleh disentuh dan tidak. Memberikan pemahaman tentang anggota tubuh yang harus ditutupi.

3. Batasi dalam penggunaan perangkat elektronik

Bagi anak di bawah umur awasi situs dan riwayat yang ia lihat. Dampingi anak saat menonton bisa membantu memfilter tontonan buruk untuknya.

BACA JUGA:Media Sosial Sarana Pencitraan Diri

4. Memberikan kepercayaan

Orang tua pasti sudah memberikan edukasi dan larangan kepada anaknya. Sudah sepantasnya kita mempercayakan apa yang anak katakan.

5. Jangan lupa untuk ajarkan anak selalu berpegang teguh tentang agama dan tuhannya

Bagaimana setiap langkah yang kita lakukan terus diawasi. Juga akan mendapatkan balasan. Secara tidak sadar anak akan merasa bersalah saat ingin menonton atau melakukan hal yang tidak baik.

Orang tua juga diingatkan tentang peran pentingnya dalam tumbuh kembang seorang anak. Para orang tua diminta memberikan waktu luang untuk berbicara dengan anak agar dia menjadi seorang yang terbuka, seperti tanyakan apa yang ia sukai, kegiatan apa hari ini yang dilakukan dan apakah hari ini menyenangkan.

BACA JUGA:Orang Tua Diminta Tingkatkan Pengawasan

Dengan berbicara santai bersama anak, itu dapat berpengaruh terhadap perilaku dan kebiasan sehari-hari nya. Setidaknya luangkan waktu satu dua jam jika memang orang tua sibuk bekerja. Selalu tanyakan keadaannya dan berikan dukungan atas hobi yang ia sukai selagi itu baik.

Jangan biarkan anak sendirian. Jika ia merasa kesepian, anak dapat mencari pelarian di sekitarnya terutama di Internet. Terlebih setelah adanya kebijakan baru yang dibuat oleh Elon Musk atas konten dewasa yang diizinkan di platform X. Diharapkan tetap mengawasi, selalu mengingatkan untuk menjauhi tontonan yang tidak seharusnya. Untuk menjaga anak-anak dari paparan pornografi. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin