Berita Bekasi Nomor Satu

Dongkrak Minat Baca, Himatris Unisma Bekasi Gelar Teras Bahasa

ILUSTRASI: Sejumlah remaja membaca buku di taman baca anak Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi, belum lama ini. Belum semua desa di Kabupaten Bekasi punya perpustakaan. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI–Secara nasional, tingkat gemar membaca (TGM) masyarakat Indonesia pada 2023 masih berada dalam kategori sedang, 66,67 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 63,9 persen. Meski merupakan provinsi dengan populasi terbanyak, Jawa Barat ternyata hanya memiliki skor TGM 70,47% atau lebih rendah dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Untuk mendorong semangat membaca, Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMATRIS), dari Fakultas Komunikasi, Sastra dan Bahasa, Universitas Islam 45 Bekasi, mengadakan kegiatan “TERAS BAHASA” di Taman Gigi Galaxy, Kelurahan Jaka Setia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Kegiatan ini dikemas secara ringan dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat masyarakat, khususnya anak-anak. Selain diajak untuk membaca dan belajar bersama, anak-anak juga akan diajak untuk bermain, hingga mendengarkan cerita.

BACA JUGA:Penanganan Masalah Rendahnya Minat Baca di Kabupaten Bekasi Perlu Perhatikan Hulu hingga Hilir

Ketua Himatris Fatimah Nur Amanina mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca terutama literasi Bahasa Inggris bagi warga sekitar perumahan Taman Galaxy. Melalui konsep fun learning seperti games dan dongeng, diharapkan anak-anak semakin menyukai kegiatan membaca dan belajar bahasa Inggris, ujarnya.

“Kegiatan ini berisi English games, dongeng, dan pojok pustaka yang memugkinkan masyarakat untuk  bermain dan membaca, sehingga menumbuhkan minat baca  dan semangat anak-anak untuk belajar bahasa Inggris,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (24/6).

Fatimah mengatakan, animo masyarakat terhadap kegiatan ini cukup bagus, terlihat dari banyaknya warga, terutama anak-anak, yang datang berkunjung, bermain games, dan membaca berbagai buku bacaan yang telah disiapkan. Salah satu warga yang turut meramaikan kegiatan ini, Nino mengatakan bahwa kegiatan ini patut diapresiasi karena mampu mengenalkan bahasa Inggris secara menyenangkan kepada anak-anak.

BACA JUGA:Program Berkarya Bercerita Bantu Anak-anak Pemulung Bantargebang Tingkatkan Semangat Membaca 

“Kegiatannya bagus, Anak-anak yang sedang main–main di taman jadi bisa baca-baca. Pengenalan juga pada bahasa Inggris,” ujarnya. (ce1)                        


Solverwp- WordPress Theme and Plugin