Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Bekasi Kembali Lelang Revitalisasi Pasar Cikarang

ILUSTRASI: Pedagang madu keliling menjajakan madu di ruko pedagang lantai 1 Pasar Cikarang Cikarang Utara, Rabu (15/5). Pemerintah Kabupaten Bekasi akan kembali melakukan lelang terbuka revitalisasi Pasar Baru Cikarang. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Panitia Pemilihan Mitra Pemanfaatan Barang Milik Daerah Dinas Perdagangan kembali melakukan tahap lelang terbuka untuk revitalisasi Pasar Baru Cikarang.

“Sudah mulai tahap lelang. Kami berharap bisa ditemukan investor supaya pembangunan bisa cepat selesai untuk pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Bidang Sarana dan Pendistribusian Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Edi Mulyadi, Minggu (30/6).

Lelang kali ini merupakan yang kedua kalinya karena sebelumnya dinyatakan gagal akibat sepinya peminat. Dari minimal target tiga peserta yang mendaftar, hanya ada dua.

BACA JUGA: Lelang Revitalisasi Pasar Cikarang Pekan Depan

Melalui pengumuman tender dengan surat Nomor: PG.02.01/PENG/0007/PATIM-DP/VI/2024, lelang saat ini dibuka mulai 5 sampai 15 Juli 2024.

“Prosesnya ada di panitia lelang saat ini,” ucapnya.

Perkiraan nilai investasi dalam pembangunan Pasar Baru Cikarang mencapai Rp275.222.433.275 dengan jangka waktu pengelolaan selama 20 tahun.

Pasar yang akan direvitalisasi ini terletak di Jalan RE Martadinata, Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

“Pasar ini memiliki luas total 26.853 meter persegi berdasarkan sertifikat hak pengelolaan nomor 10, berdasarkan surat ukur nomor 00113/Cikarang Kota,” pungkasnya.

BACA JUGA: Proses Lelang Pasar Cikarang Jalan di Tempat

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Himawan Abror, menuturkan bahwa meskipun proses lelang ulangnya sedikit terlambat, diharapkan dapat ditemukan investor yang kompeten di bidang pasar, baik secara keuangan maupun ahli dalam konstruksi, sehingga dapat mengelola pasar dengan baik dan tidak memberatkan para pedagang.

“Pasar Cikarang ini sudah lama sekali belum jadi. Kami harap dalam hal ini bisa ditemukan solusinya apabila gagal kembali. Sebab dengan kondisi saat ini, apabila terlalu lama, kasihan pedagang yang tetap bertahan. Tentunya harus mendapat perhatian,” ucapnya.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Bakal Lelang Ulang Revitalisasi Pasar Cikarang

Meski demikian, pria yang akrab disapa Tole ini berharap dapat ditemukan pihak swasta yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk membangun dan mengelola Pasar Cikarang.

Kemudian, lanjut dia, dengan selaras pembangunan Pasar Cikarang, wilayah sekitar juga dapat tertata dengan baik.

“Wilayah Pasar Cikarang ini merupakan pasar yang begitu legenda bagi masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, bersamaan dengan pembangunan Pasar Cikarang, wilayah sekitar juga dapat tertata dengan baik,” jelasnya. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin