Berita Bekasi Nomor Satu

ASH Sebarkan Kesadaran Pertolongan Pertama dan Perawatan Luka

Anak disunat di Rumah Sunat dr Mahdian Jatiasih. FOTO: RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hansaplast, salah satu brand perawatan luka aktif menggelar kampanye edukasi pertolongan pertama dan perawatan luka melalui program Anak Siaga Hansaplast (ASH).

Senior Brand Manager Health Care PT Beiersdorf Indonesia, Yosephine Carolline,  mengatakan kegiatan kampanye Hansaplast ini rutin dilaksanakan sejak 2015.

“ASH ini merupakan program edukasi mengenai pertolongan pertama pada luka kepada anak-anak usia sekolah di Indonesia,” ucap Yosephine, Rabu (3/7).

Hal itu dikatakan Yosephine dalam kegiatan Sunat Massal untuk 100 anak Indonesia yang berkolaborasi dengan Rumah Sunat dr Mahdian dan Alfamart yang diadakan selama tiga hari di Rumah Sunat dr Mahdian Jatiasih.

Dikatakannya, Hansaplast memiliki misi sosial global untuk mengedukasi 200 ribu anak di seluruh dunia tentang pertolongan pertama dan perawatan luka sampai dengan akhir 2025.

“Jutaan cidera ringan terjadi setiap tahunnya dan pertolongan pertama yang tepat adalah cara terbaik untuk melindungi terhadap kemungkinan infeksi pada luka,” ucap Yosephine

Menurutnya, kegiatan program sunat massal secara gratis untuk 100 anak tersebut dalam misi memberikan perawatan terbaik pasca sirkumsisi atau sunat.

”Sunat merupakan salah satu prosedur medis penting yang memiliki manfaat kesehatan jangka panjang bagi anak-anak laki-laki. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, sunat juga dapat mencegah berbagai penyakit menular,” jelasnya

Pelaksanaan sunat massal berjalan lancar dan aman. Tim medis profesional yang berpengalaman melaksanakan prosedur sunat dengan menggunakan peralatan medis yang steril dan sesuai standar kesehatan.

“Kami berharap kegiatan sunat massal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan layanan kesehatan ini,” paparnya.

BACA JUGA: Greenhouse di Cikarang Awalnya Lahan Semak Belukar

 

Selain layanan sunat gratis, acara ini juga  dimeriahkan dengan berbagai kegiatan edukatif dan hiburan untuk anak-anak serta penyuluhan kesehatan bagi para orang tua.

Selain itu, dokter sekaligus edukator, dr. Randy Anindito, membagikan tips perawatan luka pasca sunat yakni bisa dilakukan dengan tiga langkah yaitu Bersihkan, Lindungi, dan Sembuhkan.

“Bila terjadi luka, selalu ingat untuk Bersihkan luka dengan cairan antiseptik supaya tidak terjadi infeksi dan untuk memudahkan perawatan, kita bisa menggunakan antiseptik spray yang mengandung PHMB yang terbukti bisa membunuh bakteri dan mencegah infeksi,” ucapnya.

Kemudian, kata dia, Lindungi luka dengan plester luka dan terakhir bila diperlukan penyembuhan yang lebih cepat, bisa menggunakan salep luka.

“Membersihkan luka adalah langkah penting untuk proses penyembuhan luka secara optimal,” ucapnya

Ketika kulit terluka, lapisan kulit pelindung menjadi rusak dan mengakibatkan kotoran dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh.

“Setiap luka dapat terinfeksi apabila tidak dibersihkan dengan benar,” imbuhnya

Di tempat yang sama Oman Direktur Rumah Sunat Indonesia, Oman Abdurahman. mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kolaborasi dengan hansaplast bisa mengedukasi pentingnya antiseptik pembersih luka.

“Semoga kolaborasi ini terus berjalan lama,” pungkasnya. (rez)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin