Berita Bekasi Nomor Satu

Jembatan Cikarang Dibuka Uji Coba, Bisa Dilalui Kendaraan Besar

DILINTASI TRUK BERAT: Truk bertonase berat melintasi jembatan Cikarang yang menghubungkan kawasan industri MM2100 dengan EJIP di Cikarang Selatan, Rabu (3/7). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jembatan Cikarang yang menghubungkan kawasan industri EJIP dan MM2100 telah dibuka untuk tahap uji coba pada Rabu (3/7).

Meskipun sebelumnya Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi merencanakan agar jembatan ini hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat pribadi, namun kini juga bisa dilalui oleh kendaraan besar.

“Memang rencana hanya mobil kecil. Namun dengan koordinasi dari pelaksana kegiatan bisa dilalui dengan kendaraan besar,” kata Kepala SDABMBK Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, kepada Radar Bekasi, Rabu (3/7).

Henri menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan perbaikan terhadap keretakan jembatan dengan menggunakan hotmix, meskipun masih terdapat retakan yang menjalar hingga bagian ujung.

Pihaknya memastikan bahwa pembukaan jembatan ini bertujuan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat yang melintasi wilayah tersebut. Namun, pihaknya tetap akan memperhatikan hasil uji coba ini dengan seksama.

BACA JUGA: Pembukaan Jembatan Penghubung EJIP-MM2100 Tunggu Pemprov

“Masih kami perhatikan beberapa hari sudah dilintasi apakah ada perubahan dengan struktur jembatan atau tidak. Tentunya dalam hal ini untuk keamanan masyarakat. Yang terpenting bisa dipergunakan terlebih dahulu,” ucapnya.

Henri menyatakan kondisi jalan saat ini aman tanpa adanya perubahan struktur bangunan jembatan sejak dibukanya. Namun, keselamatan masyarakat yang melintasi, termasuk kendaraan besar, kecil, dan roda dua, tetap menjadi prioritas utama.

“Pendekatan saat ini adalah membuka jalan untuk mengantisipasi kemacetan sesuai permintaan masyarakat. Namun, yang terpenting adalah keselamatan masyarakat,” jelasnya.

Henri menambahkan, uji coba akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Bila sudah dipastikan aman untuk aktivitas masyarakat, maka jembatan akan dibuka seterusnya.

“Uji coba ini kami lakukan beberapa hari ke depan. Apabila sudah dipastikan aman untuk keberlangsungan aktivitas masyarakat dalam percobaan tidak ada perubahan. maka akan dibuka seterusnya,” ucapanya. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin