Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Bupati Bekasi Apresiasi Investasi Mobil Listrik

FOTO BERSAMA: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, foto bersama dengan jajaran PT HMMI. FOTO: PROKOPIM PEMKAB BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, dengan bangga menyambut baik dan mengapresiasi PT Hyundai Manufacturing Motor Indonesia (HMMI) atas komitmennya menciptakan kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia dan turut serta mendukung pengembangan mobil listrik guna menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai pusat industri otomotif nasional.

Dani Ramdan yakin bahwa peluncuran mobil listrik terbaru dari PT HMMI salah satunya All-New KONA Electric sebagai mobil listrik pertama dengan baterai buatan Indonesia ini, memberikan dampak positif pada lingkungan dan ekonomi lokal khususnya di Kabupaten Bekasi.

“Pemkab Bekasi untuk sekian kalinya merasa bangga dengan hadirnya PT HMMI di GIIC Deltamas yang memproduksi mobil listrik pertama dengan baterai buatan Indonesia, mampu memberikan dampak positif pada lingkungan dan ekonomi lokal,” ucapnya saat menyaksikan peluncuran All-New KONA Electric, di PT HMMI GIIC Bojongmangu, pada Selasa (16/7).

BACA JUGA: Insentif Ketua RT/RW di Kabupaten Bekasi Berpotensi Naik

Memimpin posisi pertama dalam dunia investasi di bidang perusahaan otomotif, Dani menyampaikan hal ini menjadi peluang besar dan contoh bagi perusahaan lainnya untuk mengembangkan usaha di wilayah Kabupaten Bekasi, sehingga tercipta lowongan pekerjaan baru.

Berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang terus menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi, Dani menjelaskan PT HMMI telah membentuk Hyundai Academy, yaitu pusat pelatihan untuk lulusan-lulusan SMK yang nantinya diharapkan bisa bekerja di Hyundai ataupun sertifikasi tenaga ahli yang bekerja di pengembangan mobil listrik lainnya.

Tahun ini diperkirakan sudah mencapai 1.000 calon tenaga kerja lulusan SMK dan Guru SMK, yang terpilih untuk melakukan pelatihan di Hyundai Academy.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Pangkas Anggaran 20 Persen

“Kami terus mendorong perusahaan seperti Hyundai atau otomotif lainnya untuk menyerap tenaga kerja lokal. Hyundai juga membuka pelatihan untuk lulusan SMK yang nantinya diharapkan bisa bekerja disini ataupun perusahaan otomotif lainnya.” ucapnya.

Sementara itu, menurut President of Hyundai Motor Asia Pacific, Sunny Kim menyampaikan, All-New KONA Electric merupakan mobil listrik produksi Indonesia yang menandai komitmen Hyundai dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle – EV) yang komprehensif di Indonesia, serta menggunakan bukan hanya baterai buatan Indonesia namun juga ditenagai oleh baterai sel buatan lokal. Sunny menuturkan hal ini bertujuan untuk mendukung industri dalam negeri, inisiatif pemerintah, dan mengurangi jejak lingkungan mobil lebih bersih.

“Hyundai All-New KONA Electric merupakan EV pertama di Indonesia yang benar-benar diproduksi melalui seluruh rantai nilai produksi EV, mulai dari sel baterai, paket baterai hingga kendaraan jadi,” ujarnya. (and/adv)