Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Srikandi PLN Bekasi Ajak Masyarakat Gunakan Fitur SwaCam lewat PLN Mobile  

Srikandi PLN Bekasi mengajak masyarakat menggunakan fitur SwaCam lewat PLN Mobile. FOTO: PLN UP3 BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi terus berkomitmen memberikan kemudahan akses layanan kelistrikan kepada pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile.

Srikandi PLN UP3 Bekasi terus menunjukkan eksistensinya melalui berbagai kegiatan. Salah satunya juga aktif mengajak masyarakat untuk merasakan kemudahan mengakses layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

Asisstant Manager Keuangan dan Umum PLN UP3 Bekasi, Ris Miryam Tampubolon yang merupakan salah seorang Srikandi PLN, mengungkapkan kemudahan akses layanan kelistrikan dengan salah satu fitur unggulannya adalah SwaCam melalui aplikasi PLN Mobile.

“Layanan Catat Meter Mandiri (SwaCam) ini merupakan Fitur bagi pelanggan paska bayar yang dapat melakukan pencatatan angka stand kWh meter secara mandiri di rumah setiap bulannya, jadi pelanggan tidak perlu lagi menunggu petugas catat meter datang ke rumah untuk mencatat kWh meter,” kata Miryam, Rabu (24/7/2024).

BACA JUGA: PLN Bekasi Catatkan Kenaikan Transaksi SPKLU Signifikan, Bukti Penggunaan Kendaraan Listrik Semakin Masif

Senada dengan hal tersebut, Manager PLN UP3 Bekasi Donna Sinatra menjelaskan bahwa Fitur Swacam memungkinkan pelanggan untuk melakukan catat meter mandiri setiap tanggal 23 hingga 27 setiap bulannya melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu, pelanggan juga dapat melihat pemakaian listrik dan mengecek perkiraan tagihan listrik, sehingga memberikan transparansi dan kemudahan dalam mengelola penggunaan listrik.

 

“Lewat fitur Catat Meter ini, kita dapat mengetahui estimasi biaya pemakaian listrik setiap bulan. Kita juga dapat melihat riwayat pemakaian listrik setiap bulannya. Hal ini membantu kita untuk mengelola penggunaan energi dengan lebih efisien,” jelas Donna.

Pengguna fitur Swacam PLN Mobile terus meningkat di PLN UP3 Bekasi. Tercatat hingga bulan Juni 2024, sebanyak 83.776 pelanggan telah menggunakan fitur Swacam di aplikasi PLN Mobile. Peningkatan ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat telah merasakan kemudahan dari catat meter mandiri.

Donna mengatakan, pelanggan tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri. Karena, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya:

1. Buka aplikasi PLN Mobile

2. Pilih menu Catat Meter

3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter

4. Pilih ID Pelanggan

5. Masukan angka stand meter

6. Kirim

Terpisah di Bandung, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Susiana Mutia menjelaskan bahwa pencatatan meter mandiri melalui fitur Swacam memberikan banyak manfaat, baik bagi pelanggan maupun bagi PLN.

“Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan oleh pelanggan dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. Ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pelanggan, tetapi juga membantu PLN dalam memastikan akurasi data pemakaian listrik. Dengan begitu, pelanggan dapat terhindar dari kesalahan dalam pencatatan meter yang mungkin terjadi jika dilakukan secara manual oleh petugas,” pungkas Susiana. (oke)