Berita Bekasi Nomor Satu

Stadion Wibawa Mukti Siap Dibuka Kembali

TINJAU: Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, saat meninjau progres renovasi Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi siap dibuka kembali setelah renovasi yang dilakukan sejak Januari 2024 selesai.

Kepala Dinas Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, mengungkapkan renovasi akan selesai dalam beberapa hari ini. Oleh karena itu, pihaknya akan membuka kembali Stadion Wibawa Mukti.

“Rencananya, stadion akan dibuka untuk umum, namun bukan untuk lapangannya. Kami akan membuka area parkir stadion untuk berolahraga dan bermain sepeda bagi masyarakat,” kata Iman, Senin (12/8).

BACA JUGA: Perbaikan Stadion Wibawa Mukti Selesai Akhir Agustus

Iman menyampaikan progress revitalisasi Stadion Stadion Wibawa Mukti, yang dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR melalui pelaksana PT Brantas Adipraya, sudah sangat terlihat.

Perbaikan yang dilakukan meliputi penggantian rumput stadion yang sudah tumbuh dengan baik dan diperkirakan dapat digunakan dalam sekitar tiga bulan ke depan. Untuk efisiensi anggaran, rumput lama dipindahkan ke stadion mini di Lapangan Bojongmangu yang direncanakan sebagai tempat latihan Persikasi.

Selain itu, lampu sorot stadion telah diganti dengan lampu LED untuk pencahayaan yang lebih baik dan hemat listrik. Atap tribun stadion yang bocor telah diganti, dan kursi stadion yang rusak telah diperbaiki. Pengecatan di dalam stadion, dinding luar stadion, serta seluruh pagar dan pintu stadion juga telah dilakukan.

BACA JUGA: Debu Proyek Renovasi Stadion Patriot Candrabhaga Cemari Udara

“Perbaikan stadion sesuai kontrak kerja dengan Kementerian PUPR dan pihak pelaksana dijadwalkan selesai pada Agustus ini,” jelas Iman.

Stadion direncanakan akan dibuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu. Menurut Iman, selain memberikan semangat olahraga kepada masyarakat, pembukaan stadion ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal.

“Rencana kami adalah agar stadion bisa seperti di Lapangan Gelora Bung Karno. Kami akan uji coba dengan membuka stadion pada Sabtu dan Minggu. Jika masyarakat menunjukkan minat yang tinggi dalam berolahraga, tidak menutup kemungkinan stadion akan dibuka setiap hari,” ujarnya.

“Selain memberikan fasilitas olahraga gratis, ini juga dapat menumbuhkan perekonomian, karena adanya perkumpulan orang banyak pasti akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” tambahnya. (and)