Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Tiga SDN Teluk Pucung Kota Bekasi Berlangsung Sebulan

UJI COBA: Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka saat memantau uji coba program makan siang gratis di SDN Teluk Pucung, Selasa (13/8). FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Uji coba program makan bergizi gratis dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi. Pelaksanaan uji coba tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka, Selasa (13/8).

Tiga sekolah tersebut yakni SDN Teluk Pucung VII, VIII, dan XI. Gibran dalam kunjungannya memastikan makanan yang disajikan sesuai dengan anggaran yang direncanakan, serta memenuhi kebutuhan nutrisi siswa.

Menu yang disediakan kemarin seharga Rp15 ribu per porsi terdiri dari nasi, ayam goreng, sayur buncis, pepaya, dan susu yang dipesan dari pelaku UMKM di sekitar sekolah. Makanan diantar oleh pengemudi ojek daring ke masing-masing sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Ahmad Yani menyampaikan bahwa pelaksanaan uji coba tersebut dilaksanakan berdasarkan surat permohonan rekomendasi yang diterima oleh Disdik Kota Bekasi.

“Betul, sesuai dengan surat permohonan rekomendasi rekomendasi uji coba program orangtua asuh oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk,” katanya.

Sesuai dengan surat permohonan rekomendasi yang diterima Disdik, rencananya uji coba tersebut berlangsung selama satu bulan. Terhitung 12 Agustus sampai 13 September 2024. Kemarin, jajaran Disdik Kota Bekasi memantau langsung pelaksanaannya di sekolah. Memantau dan memastikan kebermanfaatan program tersebut bagi siswa.

BACA JUGA: Kepala Sekolah di Bekasi Tolak Wacana Penggunaan Dana BOS untuk Biayai Program Makan Siang Gratis   

“Sekaligus memastikan kebermanfaatan program tersebut bagi peserta didik, khususnya di 3 SDN yang menjadi sasaran uji coba program orangtua asuh itu,” tambahnya.

Pada pelaksanaannya kemarin, siswa diwajibkan membawa sendok dan garpu dari rumah guna meminimalisir sampah. Selain itu, siswa juga didorong untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya.

Pelaksanaan uji coba makan bergizi geratis di Bekasi ini sebelumnya pernah disampaikan oleh Organisasi relawan Pro Jokowi atau Projo. Selain Bekasi, uji coba juga dilaksanakan di Depok dan Surabaya. (sur)